Cara Kerja Saklar Tukar atau Saklar Hotel - Dunia Elektro
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Kerja Saklar Tukar atau Saklar Hotel

Saklar tukar sering disebut juga dengan sebutan saklar hotel karena pengaplikasiannya banyak dijumpai pada saklar di hotel. Saklar tukar digunakan untuk menyalakan atau mematikan lampu dari 2 tempat yang berbeda. Contoh pengaplikasiannya adalah pada kamar hotel yang menempatkan saklar di dua tempat yaitu di dsamping pintu masuk dan disamping tempat tidur. Tujuannya adalah efisiensi waktu, jadi ketika pemilik kamar baru masuk dan kondisi lampu masih mati. Pemilik kamar dapat menyalakan lampu melalui saklar 1 yang berada di samping pintu, ketika sudah ditempat tidur dan ingin mematikan lampu, maka pemilik kamar hanya perlu menekan saklar  2 yang berada disamping kamar tidur. Pemilik kamar tidak perlu bangun dan berjalan ke saklar 1 yang berada di samping pintu.

cara kerja saklar tukar

Contoh penerapan saklar tukar di tangga

Selain di hotel, sebenarnya penerapan saklar tukar banyak sekali di tempat-tempat lain misalnya di tangga, saklar ditempatkan pada tangga bawah dan di tangga atas. Jadi ketika seseorang yang ingin naik tangga harus menyalakan lampu melalui saklar yang berada di tangga bawah dan mematikan lampunya setelah orang tersebut berada di tangga atas.

gambar rangkaian saklar tukar
Gambar rangkaian saklar tukar

Admin akan menjelaskan mengenai cara kerja rangkaian saklar tukar atau saklar hotel yang telah admin gambarkan diatas. Wiring atau pengkabelan berwarna merah menunjukkan kabel fasa positif dan pengkabelan berwarna biru menunjukkan kabel netral sedangkan pengkabelan berwarna hijau adalah kabel yang belum teraliri oleh arus listrik. Pada gambar diatas, kondisi lampu masih mati. Ketika saklar 2 ditekan maka tuas akan berpindah ke kiri, sehingga arus listrik dari saklar 1 menuju ke saklar 2 dan menyalakan lampu. Untuk mematikannya dapat dilakukan melalui saklar 1 ataupun melalui saklar 2. Jadi seperti itulah cara kerja dari rangkaian saklar tukar atau saklar hotel, semoga dapat dengan mudah kalian pahami.

Demikian artikel mengenai Cara Kerja Saklar Tukar atau Saklar Hotel yang dapat admin sampaikan, silahkan tinggalkan kritik dan saran yang membangun supaya blog ini menjadi semakin baik dan dapat digunakan untuk belajar bersama. 

Post a Comment for "Cara Kerja Saklar Tukar atau Saklar Hotel"