Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kisah Hidup Ilmuwan Listrik Nicola Tesla

Kisah Hidup Ilmuwan Listrik Nicola Tesla

Adakah dari kalian yang belum kenal dengan Nicola Tesla?
Semoga semunya kenal ya. Karena kalian ngga menghargai penemuannya untuk kehidupanmu sekarang ini kalau kalian ngga mau kenal dengan beliau. Ilmuwan ini sangat berjasa dalam penciptaan listrik arus bolak balik (AC) yang biasa kita pakai untuk berbagai keperluan sehari-hari kita.Kiprahnya dalam dunia kelistrikan sudah tidak diragukan lagi, lebih dari seribu penemuan Nicola Tesla yang telah dipatenkan serta penemuan-penemuan lain yang belum terpatenkan. Karena pada waktu itu untuk mematenkan penemuan memerlukan biaya yang tidak sedikit. 
Dari mana sih Nicola Tesla ?
Nicola Tesla dilahirkan di kota Smiljan (Pada waktu itu masih dibawah kekaisaran Austria dan sekarang dibawah bendera negara Kroasia). Tesla lahir pada tanggal 10 Juli 1856 dan meninggal pada tanggal 7 Januari 1943 atau pada usia 86 tahun di New York, Amerika Serikat.Lahir dari pasangan seorang ayah bernama Milutin Tesla yang merupakan seorang pendeta ortodoks dan seorang ibu bernama Duka Tesla. Nicola Tesla merupakan anak yang cerdas, ia mampu menghitung kalkulus integral tanpa menggunakan kertas corat-coret.Karena kemampuannya ini sempat dikira mencontek oleh gurunya saat ujian sekolah. 
Walaupun Tesla tidak dapat menyelesaikan kuliahnya, namun kamampuannya dalam bidang elektro atau listrik tidak diragukan lagi. Beberapa penemuannya yang legendaris adalah penemuan generator Arus Alternating Current (AC), Remote Control, X-ray, microwave, dll. Nicola Tesla pergi ke Perancis untuk bekerja, karena kemampuannya itu Tesla dipromosikan oleh bosnya di perusahaan untuk menjadi asisten Thomas Alva Edison di Amerika Serikat. Pada saat inilah konflik antara Nicola Tesla dan Thomas Alva Edison dimulai. Saat itu Nicola Tesla disuruh oleh Thomas Alva Edison untuk menyusun generator DC yang paling efisien dan menjanjikan uang $50.000 jika dia sanggup membuatnya. Setelah lama dikerjakan oleh Tesla akhirnya generator DC yang paling efisien pun selesai dikerjakan dan Tesla menagih janji uang $50.000 tersebut. Namun Thomas Alva Edison berdalih bahwa perjanjian tersebut adalah joke semata atau hanya lelucon saja. Sejak saat itulah Nicola Tesla memutuskan mundur dari perusahaan Thomas Alva Edison karena merasa kecewa dan dibohongi. Nicola Tesla hanya bekerja satu tahun diperusahaan milik Thomas Alva Edison.
Setelah keluar kemudian ia menjalin kerjasama dengan perusahaan Westinghouse yang merupakan rival dari perusahaan milik Thomas Alva Edison. Pada saat itulah dimulai persaingan ketat dengan nama “Current War” untuk menentukan penggunaan listrik yang paling ideal digunakan. Tesla dengan teori generator Listrik AC-nya dan Thomas Alva Edison dengan teori generator listrik DC. Ternyata generator listrik AC merupakan listrik yang paling ideal diterapkan karena dapat diproduksi dengan biaya yang lebih murah daripada listrik DC. Keunggulan generator AC daripada generator DC yaitu generator AC dapat ditransmisikan sampai jarak jauh, Hanya membutuhkan satu generator untuk mendapatkan tegangan yang berbeda-beda, Dapat dirubah tegangannya menggunakan Transformator. Oleh karena itu hingga sekarang listrik yang diciptakan menggunakan generator AC. Selama hidupnya, Nicola Tesla tidak pernah menikah. Karena menurutnya menikah hanya akan menurunkan kerja otak dan membuatnya menjadi tidak produktif lagi. Karena ia tidak memiliki keluarga maupun ahli waris maka berkas-berkas penemuannya diambil alih oleh FBI selaku pihak keamanan Amerika Serikat untuk dikembangkan lagi dan menjadi senjata rahasia Amerika Serikat.
Demikianlah kisah hidup ilmuwan yang sangat berjasa dalam kesejahteraan umat manusia, semoga di Indonesia terlahir orang-orang cerdas seperti Nicola Tesla dan tidak disia-siakan oleh pemerintah Indonesia. Demikian artikel mengenai “Kisah Hidup Ilmuwan Listrik Nicolas Tesla” semoga dapat menjadi sumber inspiratif para pembaca supaya lebih giat belajar dan menjadi ilmuwan-ilmuwan yang bermanfaat bagi umat manusia. Silahkan tinggalkan kritik dan saran yang membangun supaya blog ini dapat menjadi lebih baik dan bermanfaat bagi para pengunjung blog sekolahotomasi.com.

Post a Comment for "Kisah Hidup Ilmuwan Listrik Nicola Tesla"