Iklan Dalam Artikel

Cara Kerja Counter pada PLC

Cara Kerja Counter pada PLC
Fungsi dari counter yaitu untuk menghitung suatu kejadian tertentu. Penerapan counter pada kehidupan sehari-hari misalnya pada tasbih digital. Sedangkan penerapan counter dalam dunia industri adalah pada perhitungan pengepakan barang. Dengan perhitungan counter akan meminimalisir kekeliruan hitung karena faktor huma error, seperti kita ketaahui bahwa seseorang yang kelelahan maka konsentrasinya akan menurun. Apabila terus dipaksakan dikhawatirkan akan terjadi kesalahan hitung dan itu akan mengurangi kualitas atau hasil produksi. Instruksi counter pada PLC memiliki 2 input, yaitu :
1. Pulse Input 
Berupa pulsa input yang digunakan untuk memberikan input kejadian, dengan mengatur berapa kejadian yang diinginkan maka relay counter akan aktif.
2. Reset input
Input ini digunakan untuk mengatur ulang perhitungan counter ke keadaan awal. Kalau timer akan reset dengan menghilangkan sumber inputnya, berbeda dengan counter. Counter akan reset jika bagian “Reset Input” diberi tegangan/diberikan logika 1.
Counter ini cukup unik karena untuk mengaktifkannya harus berbentuk pulse supaya counter dapat melakukan perhitungan. Setelah coil dari counter aktif, relay counter dapat digunakan untuk mengaktifkan atau mematikan output. Berikut ini contoh penerapan counter menggunakan ladder diagram
Cara Kerja Counter pada PLC
Cara Kerja : 
Ketika push button A ditekan berulang-ulang sampai 5 kali maka coil counter akan aktif dan relay C001 akan berubah dari Normally Open menjadi Normally Close, dan mengalirkan arus listrik ke Q: 100.00 (Lampu) sehingga Lampu bisa menyala. Sedangkan untuk mematikan Lampu bisa dilakukan dengan menekan push button “Reset”.
Beberapa pengaplikasian counter adalah pada mesin penghitung jumlah kendaraan pada area parkir, Mesin penghitung pada pengepakan barang, mesin sorting botol air minum, Tasbih digital.
Untuk penerapan sistem kendali yang lebih kompleks tidak jarang untuk penerapan counter juga dibarengi dengan penerapan timer untuk otomatisasi waktu pengerjaannya. Counter ada yang khusus digunakan untuk kecepatan tinggi, atau biasa disebut dengan high speed counter. Terkadang dalam industri membutuhkan sistem counter yang memiliki kecepatan tinggi maka produsen PLC menciptkan High speed counter. 

Cara Kerja Counter pada PLC
Identitas Counter :

CNT adalah Kode Fungsi Counter
001 adalah nomor cunter (maksimal sampai angka / nilai 255)
5 BCD (Jumlah nilai countdown pulse)
#5 Nilai set value pulsa yang harus dicapai (maksimal sampai angka / nilai 9999)
Demikianlah artikel kali ini mengenai “Cara Kerja Counter pada PLC” semoga bermanfaat dan dapat dipahami dengan mudah, silahkan tinggalkan kritik dan saran yang membangun supaya blog ini semakin baik dan dapat digunakan sebagai sarana belajar bersama.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Dalam Artikel

Iklan Dalam Artikel

Iklan Dalam Artikel

Iklan Link