Iklan Dalam Artikel

Membaca Seri atau Kode PLC Merk OMRON

Membaca Seri atau Kode PLC Merk OMRON
Sebelum menuju ke topik pembahasan wiring diagram PLC omron, pastikan dahulu kalian sudah memahami seri dan spesifikasi PLC. Kenapa demikian? Karena jika kalian salah memberikan Sumber catu daya pada PLC maka PLC dipastikan akan rusak. Catu daya yang digunakan untuk menghidupkan PLC ada dua jenis bisa sumber AC maupun DC. Lantas bagaimanakah kalian bisa mengetahui PLC yang digunakan itu AC atau DC? Kalian bisa melihat dari kode seri PLC tersebut.
Membaca seri PLC untuk menentukan wiring PLC Omron apakah menggunakan catu daya jenis AC atau menggunakan catu daya jenis DC. Misalkan kalian akan merangkai PLC seri CP1L-L20DT-D. Dari kode CP1L-L20DT-D ini kalian bisa mengetahui catu daya yang digunakan, yaitu DC. Dari manakah itu? Mari kita bahas bersama-sama
Kode penamaan tersebut bisa dijelaskan seperti gambar diatas, lalu bagaimanakah jika ada PLC jenis lain, misalnya dengan Tipe PLC Omron CP1E -N40DR-A. Mari kita jabarkan tipe PLC OMRON tersebut, CP1E adalah tipe PLC yang dikeluarkan oleh perusahaan OMRON. Kemudian 40 adalah jumlah Input dan output dari PLC, untuk perbandingan input dan output PLC OMRON adalah 60:40. Jadi jumlah inputnya adalah 24 dan outputnya berjumlah 16. Kode R menandakan bahwa PLC OMRON tersebut berbasiskan Relay, Kalau untuk seri CP1L-L20DT-D berarti berbasiskan transistor. PLC berbasis transistor memiliki kelebihan yaitu terdapat kemampuan high speed counter. Kode A yang berada di ujung menandakan bahwa Sumber atau Catu daya PLC yang dapat dipasangkan adalah catu daya AC.


Coba sekarang kalian cari seri-seri PLC kemudian jabarkan sendiri berdasarkan pemaparan yang telah admin sekolahotomasi.com ulas. Kalian harus bisa menghafalkan kode tersebut diluar kepala agar mudah dalam menetukan rangkaian dan sumber yang tepat. Setelah kalian paham membaca seri PLC, kalian bolehlah lanjut memulai merangkai atau wiring PLC menjadi sistem kendali yang siap dipakai. Untuk pembacaan seri diatas hanya untuk PLC bermerk OMRON saja, untuk merk yang lain kalian bisa menunggu artikel berikutnya dari saya. Namun belum pasti kapan saya posting karena sekarang sedang fokus untuk membuat tutorial mengenai PLC OMROn dulu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Dalam Artikel

Iklan Dalam Artikel

Iklan Dalam Artikel

Iklan Link