Iklan Dalam Artikel

Faktor Daya Turun, Gawat Nih!!

Segitiga Daya
Apa sih faktor daya?
Ada baiknya sebelum mulai membahas mengenai topik artikel kali ini kita pahami dahulu tentang prinsip dari segitiga daya. Karena kalau prinsip segitiga daya belum terkuasai, admin rasa kalian akan kesulitan untuk memahami penjelasan selanjutnya. Rangkaian listrik AC memiliki tiga jenis daya yaitu daya semu (VA), daya aktif (Watt), dan daya reaktif (VAR).
Faktor Daya Turun, Gawat Nih!!
Keterangan :
S = Daya semu
P = Daya Aktif
Q = Daya Reaktif
Φ = Faktor Daya
Penegertian faktor daya 
Faktor daya atau Φ (phi) adalah perbandingan daya nyata dengan daya semu
Cos Φ = P/S
Faktor daya tidak memiliki satuan. Nilai faktor daya berkisar antara 0 sampai dengan 1. Jaringan listrik yang memiliki faktor daya 1 merupakan jaringan listrik yang sangat bagus. Namun sangat sulit sekali untuk mendapatkan nilai faktor daya sampai dengan 1. 
Coba perhatikan pada rumus diatas, listrik dirumah memiliki satuan daya semu VA, listrik yang terpasang biasanya berdaya 900VA.Sedangkan peralatan listrik dirumah menggunakan satuan daya aktif Watt. Jika nilai daya Aktif menurun maka nilai cos Φ juga akan turun. Supaya kalian lebih “Ohh gitu” admin www.sekolahotomasi.com akan memberikan contoh kasus.
Diketahui daya PLN dirumah kalian 900VA, akan dipasangi penerangan dengan lampu TL 40Watt, beban maksimal setelah dipasang adalah 13 lampu. Berapakah nilai faktor daya jaringan listrik rumah kalian?
Cos Φ = P/S
Cos Φ = (40 x 13)/900
Cos Φ = 0,6
Namun jika listrik dirumah kalian mampu menyalakan 18 lampu TL berarti faktor dayanya naik menjadi 0,8
Cos Φ = P/S
Cos Φ = (40 x 18)/900
Cos Φ = 0,8
Jadi, semakin bagus nilai faktor daya nya semakin banyak beban yang mampu untuk dihidupkan oleh listrik dirumah kalian.
Apa saja sih peralatan rumah tangga yang menurunkan nilai faktor daya?
Peneyebab umum dari menurunnya faktor daya adalah penggunaan peralatan listrik yang berbeban induktif misalnya: kipas angin, pompa air, mesin cuci, magic jar, kulkas, AC, lampu TL, dll.
Apa ada solusinya?
Ada, solusinya adalah mengimbangi beban induktif dengan beban kapasitif supaya pergeseran fasanya kembali keposisi awal atau mendekati posisi awal. Kalian dapat membeli capasitor bank atau membuatnya sendiri dan memasangkannya secara paralel dengan beban yang bersifat induktor.
Sekian dahulu artikel kali ini tentang “Faktor Daya Turun, Gawat Nih!!”, semoga artikel kali ini menambah wawasan kalian tentang faktor daya listrik dan kalian menjadi lebih bisa berhemat listrik dengan menambahkan kapasitor pada beban induktor supaya faktor daya nya normal. Untuk perhitungan-perhitungan mengenai kapasitor bank semoga dapat admin ulas pada kesempatan yang akan datang, Silahkan berikan kritik dan saran yang membangun supaya blog ini semakin lebih baik dan dapat digunakan sebagai media belajar bersama.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Dalam Artikel

Iklan Dalam Artikel

Iklan Dalam Artikel

Iklan Link