Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rangkaian Listrik Seri Paralel dan Campuran

Rangkaian Listrik Seri Paralel dan Campuran

Arus listrik merupakan elektron yang mengalir melalui suatu rangkaian tertutup, sehingga mampu untuk menyalakan peralatan listrik. Arah gerakan elektron berbanding terbalik dengan arah gerakan arus listrik. Arus listrik bergerak dari kutub positif menuju kutub negatif, sedangkan elektron mengalir dari kutub negatif menuju kutub positif. Terdapat tiga bentuk umum rangkaian listrik yang umumnya dipakai dalam kehidupan sehari-hari kita, yaitu rangkaian seri, rangkaian paralel dan rangkaian campuran.

BACA JUGA : Penangkal Petir atau Penyalur petir?

Rangkaian Seri
Rangkaian Listrik Seri Paralel dan Campuran
Rangkaian Seri adalah rangkaian yang disusun secara berderet. Kelebihan penggunaan rangkaian seri adalah lebih menghemat penggunaan kabel daripada rangkaian yang dirangkai secara paralel. Sedangkan kelemahannya adalah apabila salah satu rangkaian mati, maka rangkaian yang lain juga ikut mati. Pada rangkaian seri, arus yang lewat besarnya adalah sama. Namun tegangannya berbeda antara beban satu dengan yang lainnya.
Contoh kasus adalah apabila terdapat 3 lampu yang disusun secara seri, dan salah satu lampu filamen-nya putus maka lampu yang lain tidak dapat menyala. Karena persyaratan rangkaian tertutup (close loop) tidak terpenuhi .
Berikut ini sifat-sifat dari rangkaian Seri :
1. Jika salah satu beban terputus maka beban yang lain juga akan terpengaruh atau ikut terputus;
2. Banyaknya beban berpengaruh terhadap peningkatan nilai tahanan, jika di pasang beban lampu maka semakin banyak lampu yang terpasang akan semakin redup nyala lampu;
3. Arus yang mengalir pada masing-masing beban adalah sama;
4. Nilai tegangan pada masing-masing beban berbeda.

BACA JUGA : Manakah yang Lebih Bahaya, Listrik AC atau Listrik DC

Rangkaian Paralel
Rangkaian Listrik Seri Paralel dan Campuran
Rangkaian paralel adalah rangkaian yang dipasang secara sejajar. Kelebihan penggunaan rangkaian paralel adalah apabila salah satu beban mati, maka beban lain tidak ikut terdampak atau masih tetap aktif. Sedangkan kelemahannya adalah jumlah kabel yang dipakai lebih panjang daripada rangkaian seri.
Berikut ini sifat-sifat dari rangkaian Paralel :
1. Jika salah satu beban terputus maka beban yang lain tidak akan terpengaruh atau masih aktif;
2. Banyaknya beban tidak berpengaruh terhadap peningkatan nilai tahanan, jika di pasang beban lampu sebanyak apapun maka lampu yang terpasang akan tetap terang.
3. Arus yang mengalir pada masing-masing beban berbeda;
4. Nilai tegangan pada masing-masing beban adalah sama.

BACA JUGA : Cara Kerja Saklar Tukar atau Saklar Hotel

Rangkaian Campuran
Rangkaian Listrik Seri Paralel dan Campuran
Rangkaian campuran adalah gabungan dari rangkaian seri dan rangkaian paralel. Pemakaian rangkaian campuran adalah untuk mengantisipasi kekurangan yang dimiliki oleh rangkaian seri dan rangkaian paralel.

Demikian informasi mengenai "Rangkaian Listrik Seri Paralel dan Campuran" yang dapat admin www.sekolahotomasi.com sampaikan. Semoga informasi yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk para pembaca semuanya.