Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Solusi avr-g++: error: CreateProcess: No such file or directory di Arduino Nano

Solusi avr-g++: error: CreateProcess: No such file or directory di Arduino Nano
Pesan Error
Kali ini admin www.sekolahotomasi.com akan berbagi sedikit pengalaman mengenai masalah avr-g++: error: CreateProcess: No such file or directory di Arduino Nano. Ketika membangun sebuah project menggunakan Arduino terkadang kita mengalami berbagai kendala, bisa karena hardware, software ataupun sketch program yang kita buat mengalami error. Kendala itu terkadang dapat memicu kita menjadi putus asa dalam menyelesaikan project ataupun malah menjadi sangat termotivasi ingin segera mencari solusi dari permasalahan yang dialami. Seperti admin www.sekolahotomasi.com yang kebingungan ketika mengalami kasus avr-g++: error: CreateProcess: No such file or directory saat verifikasi dan compile sketch ke arduino nano namun admin tetap berusaha untuk mengetahui penyebab error tersebut.


Kronologi

Admin www.sekolahotomasi.com ingin mencoba membuat sebuah percobaan menggunakan Arduino Nano dengan modul bluetooth HC-05. Arduino Nano yang admin sekolahotomasi.com gunakan merupakan produk yang maasih terbilang baru karena baru sebulan dibeli dan langsung admin coba setelah barang sampai ketangan admin, setelah admin coba Arduino Nano dalam keadaan normal dan bisa diisi sketch. Sekarang mengenai modul bluetooth HC-05, modul bluetooth ini admin sekolahotomasi.com beli juga belum lama namun kondisinya belum pernah dicoba dari pembelian karena jadwal kegiatan admin yang lumayan padat. Karena belum pernah dicoba dan keadaan masih baru, maka kita anggap modul tidak ada kendala.

Troubleshooting

Problem terjadi ketika admin www.sekolahotomasi.com mencoba menghubungkan Arduino Nano dan modul bluetooth HC-05. Saat pertama kali upload sketch tiba-tiba muncul notifikasi “avr-g++: error: CreateProcess: No such file or directory". Admin sekolahotomasi.com langsung mencoba beberapa kemungkinan solusi yang dapat mengatasi masalah tersebut, diantaranya :
1.Menginstall ulang driver CH340/CH341 (gagal)
2.Mengubah posisi pengaturan ATmega328P (Old Bootloader) menjadi ATmega328P melalui menu Tools > Processor di Arduino IDE (gagal)
3.Menambahkan library SoftwareSerial karena admin memakai library tersebut pada sketch (gagal)
4.Meng-uninstall dan meng-install kembali aplikasi Arduino IDE + driver CH340/CH341 (gagal)
Setelah mencoba 4 solusi yang ada di benak dan otak admin sekolahotomasi.com, akhirnya mulai lelah dan mencoba mencari solusi di internet. Browsing diberbagai situs website indonesia tidak menemukan solusi. Sampai admin menemukan sebuah website forum dengan bahasa inggris dan berbekal pengetahuan bahasa inggris yang apa adanya, mencoba menerjemahkan pertanyaan dengan permasalahan dan isi yang ada di forum tersebut.

Solusi

Solusi avr-g++: error: CreateProcess: No such file or directory di Arduino Nano
Solusi Error di Forum

Berikut ini solusi yang admin dapatkan dari membaca forum dan translate ke bahasa indonesia.
Pertanyaan :
“Error “avr-g++: error: CreateProcess: No such file or directory” When Compiling Script”
Terjemahan :
Error “avr-g++: error: CreateProcess: No such file or directory” ketika melakukan compile Script
Dibawah pertanyaan tersebut ditambahi dengan langkah apa yang sudah ditempuh oleh pembuat pertanyaan, perangkat lunak dan perangkat keras apa yang digunakan dijelaskan juga disitu.
Pendukung pertanyaan :
"Whenever I try to compile a script, the Arduino IDE throws the error avr-g++: error: CreateProcess: No such file or directory. I've already tried reinstalling the IDE, changing the board version in the board manager to 1.6.21, and deleting the Arduino15 folder under AppData/Local/Arduino15. This problem appeared suddenly - one compilation worked, and two minutes later, nothing would compile - and occurs across all scripts that I've tried.
I'm working from Windows 10 and compiling for an Arduino Uno."
Terjemahan :
Setiap kali saya mencoba meng-compile script, Arduino uno selalu memberikan notifikasi kesalahan avr-g++: error: CreateProcess: No such file or directory. Saya sudah mencoba melakukan install ulang Arduino IDE, mengubah versi board arduino ke versi 1.6.21, dan menghapus folder Arduino15 di direktori file AppData/Local/Arduino15. Notifikasi error ini muncul secara tiba-tiba setelah satu baris kompilasi bekerja, kemudia error.
Saya menggunakan OS Windows 10 dan Arduino Uno.

Berdasarkan pertanyaan tersebut, ada sedikit perbedaan antara penulis pertanyaan dengan admin sekolahotomasi.com yaitu pada OS dan Arduino. Admin sekolahotomasi.com menggunakan OS Windows 7 dan Arduino Nano (Old Bootloader).

Jawaban :
Turns out that McAfee's Host Intrusion Prevention had decided to start blocking avr-g++.exe. Not sure why it did so all of a sudden, but it's an easy fix once you know where to look. Anyone finding this in the future should be sure to check their antivirus logs to see if the compiler's executable is being blocked.
Terjemahan :
Periksa program antivirusmu dalam hal ini McAfee, program ini mencegah avr-g++.exe untuk bekerja. 

Kurang lebih seperti itu terjemahannya, mohon maaf kalo ada terjemahan yang keliru karena admin www.sekolahotomasi.com tidak begitu pintar menterjemahkan bahasa asing. Jika anda ingin mengunjungi alamat forum aslinya, anda dapat meng-klik disini.
Berdasarkan informasi yang telah admin www.sekolahotomasi.com dapatkan dari forum tersebut, selanjutnya admin mematikan semua antivirus yang admin pasang dikomputer. Kemudian admin upload ulang program tersebut dan berhasil.  

Kesimpulan

Notifikasi kesalahan/error avr-g++: error: CreateProcess: No such file or directory di Arduino Nano dapat diatasi dengan mematikan program antivirus yang ada dilaptop/PC yang sedang digunakan untuk upload sketch menggunakan Arduino IDE. Permasalahan ini terjadi dikarenakan antivirus mencegah avr-g++.exe untuk bekerja dengan normal, sehingga aplikasi Arduino IDE tidak dapat bekerja secara maksimal dalam mentransfer sketch.

Penutup

Demikian solusi yang mungkin dapat anda terapkan jika mengalami notifikasi kesalahan/error avr-g++: error: CreateProcess: No such file or directory di Arduino Nano anda. Semoga dapat membantu, apabila terdapat kesalahan penulisan admin mohon maaf.