Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Kartu Prakerja Dapat Insentif 3,5 Juta

Daftar Kartu Prakerja Dapat Insentif 3,5 Juta
Bila anda sedang menganggur atau tidak sedang bekerja, tepat sekali kalau anda membaca artikel ini. Dibulan April ini pemerintah telah mengeluarkan program baru bagi masyarakat indonesia yang belum bekerja atau tidak sedang bekerja. Program ini dinamamakan program kartu prakerja.


A. Syarat Pendaftaran

Program kartu prakerja ini ditujukan bagi semua Warga Negara Indonesia yang berusia diatas 18 tahun dan tidak sedang mengenyam pendidikan formal, selain itu program ini juga diberikan kepada pelaku usaha yang terdampak kehidupannya akibat adanya pandemi virus covid-19.

Daftar Kartu Prakerja Dapat Insentif 3,5 Juta

Untuk bisa mengikuti kegiatan kartu prakerja ini, para calon peserta diharuskan untuk mendaftar terlebih dahulu melalui portal resmi pemerintah yaitu www.prakerja.go.id. Portal ini adalah satu-satunya portal yang digunakan untuk mendaftar kartu prakerja. Target untuk gelombang pertama adalah 1 juta peserta. Bagi yang belum mendaftar gelombang pertama tidak usah khawatir tidak kebagian jatah karena pendaftaran pelatihan diadakan setiap minggu selama hari kerja.

B. Langkah Pendaftaran

Berikut urutan langkah pendaftaran kartu prakerja :

Langkah 1. Mendaftar dan Verifikasi

Silahkan buka website www.prakerja.go.id kemudian lakukan pendaftaran. Saran admin, kalian siapkan terlebih dahulu foto KTP, dan foto Selfie dengan memegang KTP, nomor hanphone yg terpasang di handphone untuk melakukan verifikasi.

Saat upload memang terkadang sering gagal, cobalah berulang-ulang sampai bisa. Namun jangan melakukan refresh halaman website karena anda akan mengisikan kembali data pribadi anda.

Langkah 2. Mengerjakan Tes Online

Setelah anda terdaftar. Anda harus mengerjakan soal-soal yang terdiri dari soal pilihan ganda berjumlah 18 soal. Soalnya hanya soal sederhana berisi pendapat, matematika sederhana, analisis grafik dan tabel.

Langkah 3. Melaksanakan Pelatihan

Jika anda terpilih sebagai peserta pelatihan, maka anda bisa memulai memilih jenis pelatihan yang dikehendaki . Terdapat 8 Platform Digital penyedia pelatihan. Dan masing-masing pelatihan ada harganya. Pilih sesuai dengan kebutuhan anda dan usahakan uang digital sebesar 1 juta yang diberikan cukup untuk mengikuti program pelatihan tersebut.

Selama masa social distancing, pelaksanaan pelatihan dilakukan secara daring, hal ini untuk mengurangi penyebaran virus covid-19

Langkah 4. Mendapatkan Sertifikat dan Memberikan Feedback

Setelah melaksanakan pelatihan selama 4 bulan. Maka anda berhak mendapatkan sertifikat pelatihan. Anda akan diminta memberikan ulasan atau feedback dari pelaksanaan pelatihan yang telah anda laksanakan. Ulasan ini berguna untuk meningkatkan program pelatihan menjadi lebih baik lagi.

Langkah 5. Mendapatkan Instentif Pasca Pelatihan.

Tiba saat yang ditunggu-tunggu, yaitu mendapatkan insentif dari apa yang sudah menjadi hak anda setelah mengikuti pelatihan. Insentif ini totalnya adalah Rp. 3.550.000, dengan rincian sebagai berikut :

No. Nominal Jenis
1 Rp. 1.000.000 Biaya pelatihan
2 Rp. 2.400.000 Insentif pelaksanaan
3 Rp. 150.000 Insentif pasca pengisian evaluasi

Insentif berjumlah Rp. 2.550.000 akan ditransfer langsung kepada peserta pelatihan melalui bank transfer atau melalui e-wallet (OVO, LinkAja, Gopay). Gunakanlah uang tersebut untuk sebaik-baiknya dan manfaatkan kartu prakerja untuk melamar pekerjaan atau ilmu yang didapat dari pelatihan diterapkan untuk modal berwirausaha.

C. Kesimpulan dan Saran

Silahkan anda semuanya mendaftarkan diri, untuk mengisi masa gabut anda selama masa-masa pandemi covid-19 ini. Terimakasih sudah membaca artikel ini sampai selesai, admin www.sekolahotomasi.com berharap, anda tidak salah tafsir dengan judul artikel yang admin buat. Jadi ada prosesnya untuk bisa mendapatkan hak sebesar Rp. 3.550.000 dari pemerintah. Insentif tersebut juga bukan untuk berfoya-foya. Manfaatkan untuk hal yang penting/untuk usaha. Selamat berjuang!