Iklan Dalam Artikel

Peluang Usaha dan Bisnis Digital Kreatif

Peluang Usaha dan Bisnis Digital Kreatif

Dunia usaha dan bisnis tidak sebatas pada bisnis dunia nyata, ada juga bisnis dunia maya (bisnis digital). Hal ini dipengaruhi oleh perkembangan teknologi internet yang begitu cepat dan menjangkau hampir semua bidang usaha dan bisnis. Masyarakat banyak terbantu dengan berkembangnya internet dalam semua aspek kegiatan.


Kemudahan transaksi, proses yang lebih cepat, informasi update, dan terdapat banyak pilihan kemudahan lainnya. Hal tersebutlah yang menjadikan banyak orang memilih terjun berbisnis digital atau hanya sekedar memanfaatkannya untuk mempermudah urusan.


A. Analisa Bisnis

Sekarang ini hampir semua orang sudah mengenal dan menggunakan internet serta smartphone, tidak terkecuali anak-anak yang masih balita. Penggunaannya pun beragam, ada yang banyak digunakan untuk berbelanja, bermain game, membuat laporan, menonton video tutorial, mendengarkan musik, atau sekedar membaca berita.

Dari contoh penggunaan diatas, anda seharusnya sudah bisa membaca peluang usaha apa yang dapat anda kembangkan dalam bidang digital / online. Sekarang sudah banyak orang-orang yang kaya raya hanya dari mengandalkan internet. Mereka bekerja dari rumah, sambil mengawasi anaknya atau sambil mengerjakan pekerjaan dirumah.

Bisnis dalam dunia digital modal yang dikeluarkan relatif lebih sedikit daripada bisnis dunia nyata. Modal utama berbisnis di dunia digital adalah kreativitas. Siapa yang paling kreatif dialah yang akan memenangkan persaingan dan menguasai pasar. Hal ini senada dengan apa yang diucapkan oleh Achmad Zaky CEO Bukalapak.com, " Mereka yang kreatif, Merekalah yang menang ".

Siapa yang paling kreatif, dialah pemenangnya

Sebelum memutuskan memulai usaha digital, alangkah baiknya anda menganalisis terlebih dahulu beberapa hal, diantaranya :
1. Modal ( Uang / Alat )
2. Keahlian (Skill)
3. Minat masyarakat

B. Jenis Peluang Di Bidang Digital Kreatif

Ada banyak sekali produk digital kreatif yang dapat anda rubah menjadi uang. Berikut contoh usaha digital yang dapat anda kerjakan dari rumah.

1. Desainer Grafis

Peluang Usaha dan Bisnis Digital Kreatif

Ada banyak pelaku usaha offline dan online yang ingin membuat desain, entah untuk dicetak menjadi banner atau ditampilkan di layar megatron. Masalahnya adalah tidak semua orang bisa membuat desain dan mengoperasikan aplikasi pengolah grafis. Jika anda memiliki kemampuan dalam bidang digital grafis, hal ini dapat anda manfaatkan sebagai peluang usaha.

Desain grafis tidak hanya bentuk 2D tetapi juga bentuk 3D, dan Animasi. Anda dapat mendaftarkan diri anda sebagai pekerja lepas ( freelance ) digital dengan mengunjungi beberapa situs yang menawarkan jasa sebagai perantara antara orang yang membutuhkan desain dengan orang yang mempunyai kemampuan dalam bidang grafis.Ada beberapa situs di internet yang dapat menyalurkan kemampuan anda tersebut, seperti :

a) freelancer.co.id
b) fastwork.id
c) projects.co.id
d) sribulancer.com
e) fiverr.com
f) 99designs.com
g) sribu.com
h) simplyhired.com
i) upwork.com
j) toptal.com

masih banyak lagi situs yang menyediakan jasa penyalur freelance. Tinggal anda searching saja dikolom pencarian google, maka akan muncul banyak sekali pilihan situs penyalur. Anda dapat memilih situs indonesia atau situs luar negeri. Biasanya situs luar negeri lebih diminati karena penghasilannya dalam bentuk dollar yang jika di kurs dengan mata uang indonesia akan lebih tinggi.

2. Jualan Online Melalui Online Marketplace

Peluang Usaha dan Bisnis Digital Kreatif

Ada berbagai macam nama online marketplace yang dapat anda gunakan sebagai media untuk berjualan produk, mulai dari online marketplace asli buatan anak bangsa sampai online marketplace buatan luar negeri. Berikut ini daftar nama online marketplace yang dapat anda gunakan untuk menjual barang dagangan anda.

a. Tokopedia.com
b. Shopee.com
c. Bukalapak.com
d. Olx.co.id
e. Bhinneka.com

Ada juga online marketplace yang dapat anda gunakan untuk memasarkan produk anda ke internasional, seperti :

a. Amazon.com
b. Ebay.com
c. Alibaba.com
d. Etsy.com
e. shopify

Untuk pasar internasional, anda dapat menjual barang-barang khas dari indonesia seperti : baju batik, sendal, mie instan, kopi gayo, baju adat, dan berbagai produk lainnya.

3. Jualan Pulsa, Paket Data, dan PPOB

Peluang Usaha dan Bisnis Digital Kreatif

Siapa sih sekarang yang tidak membutuhkan pulsa, paket data, dan bayar tagihan listrik. Hampir semua masyarakat indonesia memiliki smartphone yang membutuhkan pulsa ataupun paket data untuk berkomunikasi. Tanpa diisi pulsa atau paket data, smartphone kurang bermakna apa-apa sekarang ini. Ini adalah suatu peluang untuk anda yang mau mencoba berjualan pulsa, dan paket data. Untuk memulai, anda tidak perlu modal yang besar. Mulailah dengan modal yang kalian miliki tidak usah memaksakan dengan modal yang terlalu besar.

Pembayaran PPOB (payment point online bank) biasanya dicari oleh pemilik rumah yang berlangganan internet, TV berbayar, PDAM, atau pengguna Listrik pasca bayar. Alasan banyak masyarakat yang memilih membayar melalui agen PPOB didaerahnya adalah karena repot harus pergi ke masing-masing kantor langganan. Cukup dengan mengunjungi agen PPOB, maka semua langganan dapat dibayarkan di satu tempat.

Jangan biasakan menghutangi pelanggan, jika ingin bisnismu bertahan lama

Ada beberapa agen pulsa, paket data, dan PPOB rumahan yang terpaksa tutup karena banyaknya uang modal yang mengendap di pelanggannya. Hal ini menyebabkan arus perputaran uang anda menjadi tidak lancar. Buatlah catatan nama orang-orang yang hutang dan jangan bosan-bosan untuk menagih, kan itu sebenarnya uang anda yang dipakai, jadi itu sudah hak anda untuk menagih.


4. Youtuber

Peluang Usaha dan Bisnis Digital Kreatif

Pastinya anda sudah pernah menonton video dari platform penyedia konten video terbesar di dunia yaitu youtube. Anda dapat memperoleh penghasilan dari mengunggah konten video hasil karya anda sendiri ke platform youtube. Apabila banyak yang menonton video dan men-subscribe channel anda, maka akan banyak juga penghasilan yang anda peroleh. Semakin banyak yang menonton, semakin banyak penghasilan yang anda peroleh.

Youtube merupakan platform yang dimiliki oleh perusahaan raksasa google. Google membayar anda berdasarkan tayangan video dan iklan yang muncul di video anda. Untuk memulainya, anda harus sudah memiliki akun google. Selanjutnya anda membuat channel, membuat konten video, dan buat akun adsense.

Akun Adsense itu seperti dompet yang fungsinya menyimpan penghasilan anda dari youtube. Syarat terakhir dari pihak google, jumlah saldo minimum supaya uang dapat ditarik adalah $100. Sebelum mencapai ambang minimal tersebut, uang anda masih tetap mengendap di akun Adsense.

Youtube hanya membayar creator yang membuat karya original

5. Blogger

Peluang Usaha dan Bisnis Digital Kreatif

Menjadi seorang blogger hanya cocok ditekuni oleh orang yang memiliki hobi menulis. Karena jika anda tidak memiliki hobi menulis, pasti ditengah jalan akan bosan, kehilangan semangat menulis, bingung membuat artikel.

Sekarang ini, hampir semua orang mencari informasi melalui internet karena kemudahan mendapatkan informasinya. Jika mencari melalui buku cetak, akan membutuhkan waktu yang lama karena harus membaca satu persatu halamannya. Hal ini menjadi kesempatan anda untuk menyajikan informasi dalam bentuk karya tulis digital dan mendapatkan penghasilan.

Buatlah karya tulis digital atau artikel sesuai dengan kemampuan dan hobimu. Tentunya suatu blog yang membahas artikel khusus tema tertentu akan lebih diminati pembaca daripada blog yang berisi aneka macam artikel.

Syarat untuk mendaftar dan ketentuan penarikan penghasilannya juga hampir sama seperti youtube. Karena youtube dan blogger masih dalam satu naungan google.

6. Android Developer

Peluang Usaha dan Bisnis Digital Kreatif

Sistem operasi ( OS ) android sekarang ini menjadi teknologi sistem operasi yang paling banyak ditanamkan pada smartphone. Sistem operasi ini bersifat open source dan terus dikembangkan oleh pihak google.

Untuk bisa menjadi android developer, anda harus memahami beberapa kode seperti xml, java, kotlin, dan SQL. Anda dapat mempelajari secara otodidak ataupun melalui lembaga resmi seperti perkuliahan. Bergabunglah dengan group komunitas android developer dan bergabung dalam forum-forum untuk dapat mengikuti perkembangan pemrograman android dan mengasah kemampuan anda.

Hasil pekerjaan yang sudah anda buat melaui aplikasi android studio atau sejenisnya, dapat anda upload ke playstore. Namun anda harus terlebih dahulu memiliki akun playstore dan membayar uang pendaftaran sekitar $25 agar dapat mengupload aplikasi di playstore dan menampilkan iklan di aplikasi yang telah anda buat. Pembayaran hanya dilakukan sekali saja, selanjutnya anda bebas mengupload berapapun aplikasi android anda ke playstore.

Ada sedikit perbedaan memang antara Youtube dan blogger dengan Playstore. Akun pembayaran untuk youtube dan blogger dinamakan adsense sedangkan akun pembayaran playtore dinamakan Admob ( Adsense for Mobile )


C. Memulai Usaha / Berbisnis Digital

Winston S Churchill mengatakan “Success is stumbling from failure to failure with no loss of enthusiasm”. Artinya Kalau anda ingin sukses maka tidak boleh kehilangan antusiasme, walaupun diterpa kegagalan-kegagalan.

Kebutuhan lain menjadi seorang pengusaha adalah sikap pantang menyerah. Jadikan kegagalan yang anda peroleh selama ini sebagai pelajaran berharga yang mendorong anda untuk menjadi lebih semangat lagi.

Kegagalan adalah pelajaran paling berharga untuk bangkit dan sukses

Kapan waktu yang tepat untuk memulai?

Sekaranglah waktu yang tepat untuk anda mulai belajar menekuni bisnis digital, karena beberapa tahun kedepan dunia kerja akan dikuasi oleh dunia digital. Prediksi ini dibuktikan dengan banyaknya retail offline yang tutup karena bermunculannya startup online di Indonesia.

D. Hak Cipta

Peluang Usaha dan Bisnis Digital Kreatif

Hak cipta dalam bahasa inggris disebut dengan copyright. Konten digital juga memiliki hak cipta, sama seperti produk materiil. Bukan berarti karena mudah didownload atau di-copy sehingga anda boleh bebas mengedit atau mengubahnya tanpa seizin pemilik konten. Hak cipta di Indonesia diatur dalam undang-undang tentang Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI).

Kesadaran masyarakat Indonesia tentang hak cipta konten digital masih sangat rendah. Hal ini dibuktikan dengan masih banyaknya kasus plagiasi dan pembajakan di berbagai karya baik yang bersifat materiil maupun non-materiil. Di Indonesia sendiri, industri musik tanah air terancam tidak menghasilkan produk musik-musik berkualitas seperti jaman dahulu karena maraknya pembajakan.

Karena banyaknya kasus plagiasi dan pembajakan, maka pemilik konten juga harus menambahkan proteksi pada konten yang telah dibuat. Berikut ini beberapa cara untuk memptoteksi karya digital anda.

1. Video

Proteksi konten video dapat dilakukan dengan memberikan logo bisnis / logo channel youtube anda di salah satu sisi sudut video. Dengan begitu, video yang telah anda buat, akan lebih susah di-copy. Apabila di-copy pun, anda akan lebih mudah mengenalinya dan anda dapat mengajukan pelanggaran hak cipta ke pihak youtube.

2. Grafis

Konten grafis bisa berbentuk vector, bitmap, ataupun animasi, semuanya dapat diproteksi dengan memberikan watermark transparan pada konten tersebut. Sehingga orang yang menginginkan vector, bitmap, ataupun animasi asli tanpa watermark akan menghubungi anda.

3. Artikel

Artikel terbagi menjadi beberapa macam, ada yang berbentuk pdf, dokumen word, dan artikel online. Untuk artikel dalam bentuk dokumen word dan pdf dapat diproteksi dengan memberikan password. Sedangkan artikel online, dapat dilakukan dengan memasang script khusus supaya tidak dapat memunculkan menu copy paste. Script yang biasa digunakan menggunakan bahasa pemrograman javascript

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Dalam Artikel

Iklan Dalam Artikel

Iklan Dalam Artikel

Iklan Link