Iklan Dalam Artikel

Kelebihan dan Kekurangan PLC

Kelebihan dan Kekurangan PLC
Alasan utama banyak industri menerapkan PLC sebagai sistem kendali otomasi-nya adalah karena memiliki banyak kelebihan dibandingkan menggunakan peralatan otomasi lainnya. Selain memiliki kelebihan pastinya juga memiliki banyak kelemahan, namun kelemahan itu tetap dapat diminimalisir dengan adanya SDM yang handal. Berikut kelebihan dari PLC yang mungkin perlu kalian ketahui supaya dapat menjadi pertimbangan dalam menentukan sistem kendali di industri yang kalian tempati.
Kelebihan :
 •    Simple
Biasanya untuk mengendalikan satu mesin, digunakan satu kontroler untuk mengendalikannya. Namun jika kalian menggunakan PLC kalian tidak akan repot seerti itu, kalian bisa hanya dengan satu kontroler PLC saja dapat mengendalikan berbagai macam mesin.
•    Mudah dirubah
Menggunakan PLC sangat mudah sekali untuk merubah program yang telah dibuat, sehingga apabila kalian akan melakukan upgrade sistem maka kalian tidak membutuhkan waktu yang lama. Berbeda jika kalaian menggunakan sistem berbasis relay, kalian akan kesulitan untuk melepas dan merangkai kembali kabel wiringnya.
•    Mudah dalam troubleshoting
Untuk mengetahui  kesalahan proses kerja sistem dapat dimonitor langsung menggunakan layar yang terhubung dengan PLC, tidak perlu mengurutkan secara manual. Efisien waktu sangat bermanfaat di industri. Hal ini terkait dengan jumlah hasil produksi barang yang dihasilkan
•    Harga Murah
PLC dengan kemampuan yang handal dan memiliki fasilitas lengkap meliputi timer, counter, input analog dapat diperoleh daam satu kemasan CPU yang dijual dipasaran dengan harga variatif dan murah. Terdapat berbagai merk dan tipe PLC, sesuaikan dengan kebutuhan industri dimana kalian bekerja.
•    Jumlah Kontak banyak
Jumlah kontak didalam PLC terkait dengan memori PLC yang digunakan. Setiap coil memiliki kontak bantunya. Kontak bantu tersebut dapat digunakan untuk ratusan kontak/relay digital. Cara penyambungannya pun sangat mudah karena tidak harus merangkaikan ke komponen fisik, langsung di program menggunakan ladder diagram atau tipe pemrograman lainnya.
•    Simulasi Mudah
Sebelum program diterapkan ke peralatan fisik biasanya dilakukan uji coba terlebih dahulu. Dengan PLC untuk melakukan ujicoba tidak harus menggunakan alat fisik, cukup dengan software simulasi yang telah disediakan oleh vendor dari merk PLC yang digunakan.
•    Kecepatan operasi
Kecepatan operasi dari PLC melebihi kecepatan dari relay, jadi untuk masalah kecepatan proses tidak perlu dikhawatirkan. Bekerja dengan kecepatan mikrodetik
•    Reliability
PLC mampu bekerja dilingkungan yang berat seperti : berdebu, suhu yang tak menentu, tempat yang berguncang. Juga dapat diandalkan 24 jam nonstop.
•    Keamanan
Pertimbangan yang tak kalah pentik di industri adalah fasilitas keamanan, Program PLC tidak dapat dirubah oleh orang yang tidak mempunyai hak akses terhadapt PLC. PLC dapat diberi password supaya tidak ada peretasan dalam industri yang dapat menghambat kerja produksi.

Kekurangan :
Dari berbagai kelebihan yang telah saya jabarkan diatas, mari kita lanjutkan pembahasan kita mengenai kelemahan dari PLC.
•    Sulit bagi yang awam
Bagi teknisi yang baru mengenal PLC mungkin akan kesulitan dalam melakukan pemrograman PLC, karena harus mempelajari terlebih dahulu mengenain bahasa pemrograman PLC.
•    Kondisi lingkungan
Walaupun PLC tahan terhadap efek guncangan, suhu yang panas namun hal tersebut juga dapat memperpendek usia dari PLC. Karena komponen semikonduktor di dalam PLC tidak dibuat untuk hal yang sedemikian ekstrim.
•    Merk dan spesifikasi
Banyaknya vendor penyedia PLC dengan spesifikasi yang berbeda-beda membuat banyak teknisi dan pengadaan barang bingung dalam menentukan jenis PLC yang tepat untuk digunakan. Karena dalam pengadaan barang harus mempertimbangkan berbagai aspek agar peralatan yang telah dibeli bisa bertahan lama dan tentunya dengan keuntungan yang lebih.

Demikian artikel kali ini mengenai “Kelebihan dan Kekurangan PLC” semoga dapat membantu kalian menentukan pilihan dan tidak salah menggunakan jenis PLC yang dibutuhkan. Apabila terdapat kesalahan admin mohon maaf, silahkan tinggalkan kritik dan saran yang membangun supaya blog ini menjadi lebih baik dan dapat digunakan untuk belajar bersama.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Dalam Artikel

Iklan Dalam Artikel

Iklan Dalam Artikel

Iklan Link