Iklan Dalam Artikel

Kisah Inspiratif dari Sosok Michael Faraday Penemu Elektromagnetik

Kisah Inspiratif dari Sosok Michael Faraday Penemu Elektromagnetik
Michael Faraday merupakan sosok anak biasa dari kalangan keluarga yang kurang berada. Ia lahir di Newington Butts, London, Britania Raya pada tanggal 22 September 1791. Michael Faraday biasa dipanggil dengan nama Faraday merupakan anak ke 3 dari 4 bersaudara. Orang tua nya hanyalah seorang tukang pandai yang berpenghasilan pas-pasan. Setelah beberapa tahun hidup di Newington, keluarganya memutuskan untuk hijrah ke kota London untuk mengadu nasib dan berharap kehidupannya akan berubah lebih baik. Faraday hanya mengenyam pendidikan dibangku sekolah dasar saja, karena kondisi keluarganya yang tidak mampu untuk membiayai sekolahnya. Pada usia 14 tahun, Faraday memutuskan untuk magang kerja di tempat penjualan dan penjilidan buku, disana Faraday banyak membaca dan belajar dari buku-buku yang ada dan membuatnya menjadi lebih pintar. Uang hasil kerjanya ia kumpulkan untuk mengikuti kursus mengenai filosofi alam atau Sains. Ternyata ada seorang ilmuwan bernama Dance yang merupakan anggota dari Royal Institution tertarik dengan kepintaran Faraday. Suatu ketika Faraday diajak oleh Dance untuk mengikuti kuliah dari Direktur Royal Institution yaitu Sir Humpry Davy beliau juga seorang Dosen jurusan kimia. Sejak saat itu Faraday tertarik dengan kuliah yang disampaikan oleh Sir Humphry Davy dan  Faraday juga menulis semua materi kuliah yang pernah dia ikuti. Sampai akhirnya Faraday berkeinginan kuat untuk melamar menjadi pelayan di Laboratorium yang digunakan Humpry untuk bereksperimen, dalam lamarannya juga diberikan juga hasil catatan kuliah selama mengikuti kuliahnya Humphry Davy. Perjuangan untuk bekerja dengan Humphry tidaklah mudah karena keinginan kerasnya ingin bekerja maka Humphry Davy memberikan kesempatan kepadanya untuk mengikuti wawancara. Faraday lolos dalam semua tahap wawancara dan Davy menawarkannya pekerjaan sebagai asisten laboratorium. Secara otomatis Faraday juga mengundurkan diri dari tempat magangnya yang telah ia tempati magang selama hampir 7 tahun. Dalam kurun waktu yang relative singkat Faraday mampu membuat penemuan-penemuan  baru dalam bidang kimia, kemudian dalam hal kelistrikan dan elektromagnet.
Penemuannya yang paling Fenomenal adalah mengenai listrik yang diciptakan dari efek gelombang magnet atau disebut elektromagnet. Penemuan ini membuka jendela dunia akan perkembangan teknologi yang sangat maju dan pesat. Penemuan ini tidak dilakukannya sendiri melainkan merupakan penyempurnaan-penyempurnaan dari penemuan-penemuan oleh ilmuwan sebelumnya yang belum selesai. Titik puncak ditemukannya listrik dari efek elektromagnet adalah dari fenomena yang dilakukan oleh Hans Christian Oested, apabila terdapat listrik mengalir dan didekatkan ke kompas maka jarumnya akan ingsut. Dari fenomena tersebut Faraday mengembangkan pemikirannya bahwa elektromagnet dapat diubah menjadi energi listrik. Dan pada tahun 1821 penemuannya dipublikasikan.
Faraday terus melakukan penemuannya hingga akhirnya dia memutuskan untuk berhenti melakukan penelitian karena faktor kesehatannya. Namun dia terus bekerja dengan menjadi dosen, membagikan ilmu dan pengetahuannya untuk dikembangkan lagi. Dan pada akhirnya beliau wafat pada tanggal 25 Agustus 1867.
Motivasi dan Inspirasi yang dapat kita ambil dari beliau adalah :
1. Belajar tidak harus di sekolah, bahkan untuk menjadi seorang ilmuwan terkenal dapat dilakukan oleh seorang lulusan sekolah dasar
2. Bekerjasamalah dengan orang lain dan pelajari ide atau penemuan orang lain. Karena mungkin ide atau penemuan mereka akan bisa dikembangkan menjadi sesuatu yang lebih berharga seperti penemuan Hans Michael Oested mengenai fenomena jarum kompas
3. Sisakan uang hasil kerja kalian untuk mencari ilmu lebih, karena investasi sebenarnya bukan hanya uang tetapi ilmu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.
Demikianlah artikel mengenai “Kisah Inspiratif dari Sosok Michael Faraday Penemu Elektromagnetik” semoga dapat menginspirasi kita semua supaya bisa seperti beliau. Silahkan berikan kritik dan saran yang membangun supaya blog ini menjadi semakin baik dan dapat dimanfaatkan untuk saran belajar bersama.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Dalam Artikel

Iklan Dalam Artikel

Iklan Dalam Artikel

Iklan Link