Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peluang Kerja Jurusan Teknik Elektro

Peluang Kerja Jurusan Teknik Elektro
Pekerjaan akan terasa berat apabila pada zaman dahulu tidak ditemukannya listrik, hampir semua kegiatan sehari-hari manusia dibantu oleh alat yang bergerak karena adanya listrik. Contoh sederhananya adalah pompa air, setrika, rice-cooker, mesin cuci, AC, lampu semua itu membutuhkan suplai listrik supaya dapat bekerja. Listrik merupakan energi yang paling ramah lingkungan, murah serta mudah dalam penggunaanya. Prinsip utama listrik adalah tidak dapat dilihat namun bisa dirasakan seperti perasaan manusia. Sungguh romantis sekali kan prinsip listrik itu. Jujur saja kalau listrik tidak ditemukan, mungkin admin www.sekolahotomasi.com tidak akan bisa share artikel seperti ini di blog www.sekolahotomasi.com. Karena dasar dari elektronika digital adalah listrik. Listrik merupakan dasar dari perkembangan teknologi manusia yang menciptakan kesejahteraan bagi semua umat manusia di bumi.
Secara umum, ilmu elektro yaitu mempelajari tentang teknik dan rekayasa dari sifat-sifat elektron dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Cakupan elektro sangatlah luas, melingkupi semua yang berkaitan dengan pemanfaatan listrik serta teknologi pendukung yang menggunakan listrik, di SMK teknik elektro terdiri dari 6 program keahlian yaitu :
1. Pembangkit Listrik
2. Transmisi dan Distribusi
3. Teknik Otomasi Industri
4. Instalasi Tenaga Listrik
5. Ketenagalistrikan
6. Teknik Pendinginan
Namun, didalam dunia perkuliahan berbeda lagi. Dalam perkuliahan terbagi menjadi 
1. Teknik Listrik
2. Teknik Kendali Industri
3. Teknik Telekomunikasi
4. Teknik Instrumentasi
5. Teknik Komputer
6. Teknik Elektronika
Peluang Kerja
Dunia teknologi dan industri yang semakin maju membuka banyak kesempatan untuk lulusan teknik elektro masuk kedalam lingkungan kerja yang berkaitan dengan bidang elektro. Beberapa industri yang membutuhkan lulusan teknik elektro diantaranya : Provider jaringan seluler, Bidang pembangunan, PLN, Bidang Pertambangan, Teknisi pendingin gedung dll.

Sektor Kerja 
Pegawai Negeri
Menjadi pegawai negeri sekarang banyak digandrungi oleh masyarakat indonesia, namun masih ada yang bingung jika setelah lulus apakah elektro dapat masuk atau dibutuhkan untuk lingkungan pegawai negeri. Untuk lulusan elektro dapat masuk ke Dirjen Ketenagalistrikan Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral. Sedangkan untuk Elektro Pendidikan bisa masuk ke Sekolah SMK dengan terlebih dahulu mengikuti seleksi tes CPNS atau PPPK.
Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
BUMN cukup menjanjikan dalam memberikan gaji kepada pegawainya terutama yang berkaitan dengan pertambangan. Untuk lulusan elektro dapat masuk ke perusahaan negara diantaranya : PLN, Indonesia Power, Telkom, Pertamina Geothermal, WIKA, dll.
Swasta
Sektor swasta sangat terbuka luas untuk lulusan elektro, terutama dalam bidang telekomunikasi. Misalnya Telkomsel, Indosat, Kominfo, XL Axiata, Huawei, ZTE, Epson, Canon, Axioo, Zyrex, Chevron, Exxon, PAMA, dll
Wirausaha Mandiri
Usaha mandiri dalam bidang elektro juga tidak kalah besar uang yang dihasilkan Usaha yang mungkin dapat dilakukan. Jasa Pembuatan Alat-alat Produksi, Berjualan komponen elektronik, Jasa Servise HP/Laptop/PC, Jual dan Servise AC/Pendingin.

Demikianlah artikel mengenai “Peluang Kerja Jurusan Teknik Elektro” yang dapat admin www.sekolahotomasi.com sampaikan. Silahkan tinggalkan kritik dan komentar yang membangun supaya blog ini menjadi hidup dan lebih baik lagi. Sehingga dapat dijadikan tempat sharing atau tukar pendapat dan media belajar bersama.

Post a Comment for "Peluang Kerja Jurusan Teknik Elektro"