Iklan Dalam Artikel

Alat-Alat Pelindung Diri

Alat-Alat Pelindung Diri
Alat pelindung diri wajib digunakan saat bekerja pada kondisi yang dianggap berbahaya maupun yang dianggap kurang berbahaya karena kemungkinan kecelakaan kerja akan tetap ada tanpa bisa diprediksi. Penggunaan alat-alat pelindung diri ini harus memenuhi syarat yaitu tidak mengganggu kegiatan bekerja serta efektif memberikan perlindungan terhadap tubuh pekerja, bahaya yang dapat timbul diantaranya seperti yang telah admin www.sekolahotomasi.com sampaikan pada artikel berikut disini. Alat-alat pelindung diri yang digunakan oleh pekerja seharusnya memenuhi standar nasional indonesia.

Pengertian Alat Pelindung Diri
Alat Pelindung Diri (APD) merupakan alat bantu yang digunakan untuk menjaga keselamatan pekerja dari berbagai bahaya kerja baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Alat Pelindung Diri wajib digunakan saat kita bekerja, hal ini untuk meminimalisir resiko terjadinya kecelakaan kerja. Banyak yang merasa kurang nyaman dengan pemakaian alat pelidung diri, namun tetap harus digunakan saat bekerja.

Macam-macam Alat Pelindung Diri
Ada berbagai macam alat pelindung diri di dunia kerja, jenisnya pun bermacam-macam sesuai dengan kondisi lingkungan kerja. Berikut ini macam-macam alat pelindung diri yang biasa dipakai, antara lain:

a. Pakaian Kerja (Wearpack)
Pakaian kerja merupakan alat pelindung diri yang digunakan untuk melindungi tubuh dari resiko bahaya yang dapat ditimbulkan di tempat kerja. Resiko itu antara lain, radiasi panas tempat kerja, hembusan udara dingin, serta percikan benda-benda kecil lainnya.

b. Helm Kerja
Helm kerja digunakan untuk melindungi kepala akibat benda-benda yang jatuh atau terlempar ke kepala. Helm kerja biasanya terdiri dari berbagai warna, hal ini untuk membedakan jabatan dan tempat kerja.

c. Sarung tangan
Sarung tangan digunakan untuk melindungi tangan dari berbagai luka akibat dati tusukan atau sayatan benda yang tajam dan keras. Sarung tangan didesain dengan bahan yang kuat namun tetap mudah digunakan untuk bekerja.

d. Sepatu Keselamatan (Safety Shoes)
Sepatu keselamatan sebenarnya sama seperti sepatu kulit biasa namun pada bagian ujung diberi pelat pelindung yang keras sehingga apabila kaki tertimpa benda yang keras tidak akan terasa serta dilengkapi dengan sol anti minyak agar tidak tergelincir saat menginjak tumpahan minyak di lantai.

e. Sarung Lengan 
Sarung lengan digunakan jika pakaian kerja yang digunakan berlengan pendek.

f. Kacamata Pelindung
Kacamata pelindung digunakan untuk melindungi mata dari debu dan partikel-partikel yang melayang diudara, kacamata ini sebenarnya sama dengan kacamata pada umumnya, namun memiliki fitur anti gores dan anti remuk.

g. Penutup mulut dan Hidung (masker)
Masker digunakan untuk melindungi sistem pernapasan supaya tidak menghirup udara yang dapat menyebabkan infeksi pada bagian pernapasan. Debu dilingkungan kerja dapat menyebabkan pernapasan menjadi terganggu.

h. Perisai Muka
Perisai muka mirip dengan kaca pada helm untuk kendaraan bermotor, fungsinya untuk melindungi muka dari percikan logam cair dan bahan berbahay lainnya yang dapat terpercik ke muka saat bekerja.

i. Tutup Telinga
Alat ini digunakan untuk melindungi telinga dari bising suara dilingkungan kerja. Tutup telinga ada yang berbentuk sumbat telinga dan berbentuk Headset yang menutupi daun telinga.
Berikut ini contoh pekerja yang menggunakan alat pelindung diri lengkap.
Penggunaan alat pelindung diri dapat memaksimalkan pekerja untuk bekerja secara aman dan optimal iuntuk mendapatkan hasil kerja yang diinginkan. Menggunakan alat pelindung diri bukan berarti kita bisa ceroboh saat bekerja, alat pelindung diri hanya sebagai alat bantu untuk mencapai kodisi kerja yang kondusif dan produktif.

Demikian informasi yang dapat admin www.sekolahotomasi.com sampaikan, semoga informasi yang admin sampaikan dapat menambah wawasan kalian dan dapat diterapkan ditempat kerja.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Dalam Artikel

Iklan Dalam Artikel

Iklan Dalam Artikel

Iklan Link