Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peralatan Mekanik Dalam Pekerjaan Kelistrikan

Peralatan Mekanik Dalam Pekerjaan Kelistrikan
Tang adalah alat tangan yang digunakan untuk memudahkan pekerjaan keteknikan. Tang terdiri dari berbagai macam, namun pada bahasan kali ini kita akan membahas tentang tang potong, tang bulat, tang kombinasi dan tang crimping.

1. Tang Potong
Peralatan Mekanik Dalam Pekerjaan Kelistrikan
Tang potong adalah alat yang mempunyai rahang tajam dan miring. Kemiringannya dibuat pada sudut tertentu sehingga dapat digunakan untuk memotong kabel. Rahang tang potong terbuat dari baja chrome vanadium yang handle pegangannya dilapisi dengan plastik. Kegunaan dari tang potong adalah untuk memotong kabel, kawat, dan fiber tipis. Kelemahan dari tang potong adalah tidak mampu untuk memotong benda dengan ukuran bidang yang besar atau tebal.

2. Tang bulat
Peralatan Mekanik Dalam Pekerjaan Kelistrikan
Tang bulat memiliki spesifikasi bentuk rahang bulat dan lonjong. Tang bulat memiliki fungsi untuk membengkokkan kabel, kawat, dan pelat aluminium. Handle tang ini telah terisolasi sehingga aman digunakan untuk menangani pekerjaan listrik.

3. Tang Kombinasi
Peralatan Mekanik Dalam Pekerjaan Kelistrikan
Tang kombinasi adalah tang yang digunakan untuk memegang, memuntir, dan memotong benda kerja, seperti kabel. Tang kombinasi tidak boleh dipukul dengan palu saat digunakan untuk memotong kawat atau kabel. Melakukan pemukulan pada tang kombinasi justru dapat merusak palu. Tang ini dapat disetel sesuai dengan benda yang akan dijepit. Pada ujung tang kombinasi terdapat rahang yang bergerigi rapat yang berfungsi untuk menjepit kawat atau kabel. Sedangkan bagian yang bergerigi renggang pada bagian tengah tang digunakan untuk mengunci mur. Rahang tajam pada tang berfungsi sebagai pemotong kawat dan kabel. Ukuran tang kombinasi biasanya 6 sampai 7 inci. Kelemahan tang ini adalah jika celah antar rahang berkarat makanan akan menjadi macet.

4. Tang Crimping
Peralatan Mekanik Dalam Pekerjaan Kelistrikan
Tang Crimping atau tang kabel merupakan tang yang berfungsi untuk memotong, dan mengupas kabel. Bagian rahang pada tang kabel berfungsi sebagai penjepit kabel, rahang yang tajam sebagai pemotong kabel, Dan gagang yang bergerigi untuk mengelupas kabel. Untuk perawatan dari tang kombinasi dan crimping sama dengan tang potong dan tang bulat.

5. Tang Press Skun Hidrolis
Peralatan Mekanik Dalam Pekerjaan Kelistrikan
Tang press skun hidrolis termasuk alat yang digunakan untuk memasang sepatu kabel ke ujung kabel. Pada tang press skun hidrolis memiliki crimping berbentuk hexagonal yang sesuai untuk menyambungkan berbagai jenis kabel dan kawat. Tang press skun hidrolis terbuat dari logam pilihan yang memiliki ketahanan karat yang cukup tinggi. Terdapat beberapa mata sukun yang dipasang pada tang press skun hidrolis.

6. Penggunaan Tang
Penggunaan tang potong, tang bulat, tang kombinasi, dan crimping adalah sama. Yang membedakan adalah di fungsi peralatan tersebut. Berikut langkah-langkah penggunaan tang potong ,tang bulat, tang kombinasi, crimping dan tang press skun hidrolis.
a. pilih tang sesuai jenis dan fungsinya
b. pegang tang dengan kuat dan mantap. Pastikan gagang tang tidak kotor atau licin karena bisa menimbulkan slip dan mengakibatkan cedera pada tangan.
c. gerakan bagian ke gagang tang dengan cara menekannya seperti saat menggunakan gunting untuk memotong kabel atau kawat, menjepit kabel/ kawat dan mengencangkan atau mengundurkan baut
d. jangan gunakan tang jika gagangnya rusak, kendur, patah atau kotor dengan oli atau minyak
e. jangan gunakan tang jika rahang atau celah antara rahangnya rusak, berkarat, atau macet.

Demikian materi kali ini tentang “Peralatan Mekanik Dalam Pekerjaan Kelistrikan” yang dapat admin www.sekolahotomasi.com sampaikan, semoga materi yang admin sampaikan dapat dengan mudah dipahami dan menambah ilmu bagi para pembaca blog ini.

Post a Comment for "Peralatan Mekanik Dalam Pekerjaan Kelistrikan"