Jenis Bahan yang Digunakan Untuk Praktek PDE - Dunia Elektro
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Bahan yang Digunakan Untuk Praktek PDE

Jenis Bahan yang Digunakan Untuk Praktek PDE

Jenis bahan yang biasanya digunakan untuk praktik terdiri dari jenis bahan logam dan non logam, penggunaannya tergantung dari beberapa faktor. Penggunaan bahan logam lebih dominan karena lebih dapat bertahan lama dibandingkan dengan bahan non logam. Namun jika bahan logam sulit didapatkan dapat pula menggunakan bahan non logam sebagai penggantinya.

Bahan Logam
Bahan logam merupakan bahan yang paling banyak ditemukan di muka bumi. 4% dari kerak bumi merupakan bahan logam. Sebanyak 91 unsur dari 118 unsur yang ada didunia merupakan unsur logam sedangkan sisanya merupakan unsur nonlogam. Contoh unsur-unsur logam antara lain Barium, Aluminium, Kalium, Emas, Kromium, Mangan, Natrium, Magnesium, dan Nikel. Bahan logam memiliki sifat mudah dibentuk tanpa adanya patah atau retak. Sifat atom logam yaitu mudah melepas elektron sehingga mudah menghantarkan listrik dan panas.

Bahan Non Logam
Bahan non logam yang terdiri dari susunan atom-atom memiliki sifat mudah menarik elektron. Contoh bahan non logam adalah Klorin, Bromin, Belerang, Hidrogen, Helium, Silikon, Oksigen, dan Iodin.

Sifat Logam dan Non Logam
Logam dan nonlogam sama-sama memiliki sifat yaitu sifat kimia, sifat fisik, dan sifat mekanik.
1. Sifat Logam
a. Sifat Kimia Logam
Sifat kimia logam merupakan sifat logam yang apabila terkena bahan kimia akan teroksidasi. Karat atau korosi merupakan contoh reaksi kimia logam. Logam mudah korosi apabila terkena garam dan asam, untuk mencegah agar logam tidak mudah korosi yaitu dengan melapisinya dengan cat atau dapat pula dengan melapisi dengan lapisan lain yang tidak mudah korosi (disepuh).

b. Sifat Fisik Logam
Sifat fisik logam merupakan sifat yang terdapat pada fisik logam. Contohnya menghantarkan panas, listrik, dan memiliki titik lebur tinggi.

c. Sifat Mekanik Logam
Sifat mekanik logam merupakan kemampuan logam dalam menahan beban atau gaya tanpa merusak logam itu sendiri. Contohnya kekuatannya, kekenyalan, plastisitas, kekakuan kekerasan, dan ketangguhan.

2. Sifat Non Logam
a. Sifat Kimia Non Logam
Unsur non logam cenderung menangkap elektron karena memiliki energi ionisasi yang besar untuk membentuk anion. Unsur non logam memiliki titik didih dan titik lebur lebih rendah jika dibandingkan dengan unsur logam.

b. Sifat Fisik Non Logam
Bahan non logam tidak dapat menghantarkan arus listrik dan panas, juga tidak sekuat bahan logam. Bahan non logam rapuh daripada bahan logam. Bahan logam ada yang berbentuk cairan contohnya Bromin, berbentuk padatan contohnya carbon, dan berbentuk gas contohnya hidrogen. Bahan non logam tidak mengkilap karena tidak memantulkan cahaya.

c. Sifat Mekanik Non Logam
Sifat mekanik non logam yakni mudah pecah dan rapuh.

Demikian materi yang admin www.sekolahotomasi.com dapat sampaikan, semoga dapat menambah pengetahuan dan wawasan Anda di dalam materi pekerjaan dasar elektromekanik.

Post a Comment for "Jenis Bahan yang Digunakan Untuk Praktek PDE"