Iklan Dalam Artikel

Komunikasi Dan Komunikasi Dalam Jaringan

Komunikasi Dan Komunikasi Dalam Jaringan
Manusia sebagai makhluk sosial tidak pernah terlepas dari yang namanya komunikasi. Komunikasi dapat dilakukan secara langsung maupun melalui perantara. Contoh komunikasi langsung yaitu ketika Ucok dan Udin berbincang-bincang di pos ronda membahas sepakbola, sedangkan contoh komunikasi tidak langsung adalah ketika Ucok dan Udin berbincang-bincang masalah sepakbola tetapi melalui saluran telepon. Komunikasi yang baik adalah ketika penerima informasi (komunikan) dapat mengerti maksud yang ingin disampaikan oleh pengirim informasi (komunikator). Kemampuan berkomunikasi sangat diperlukan oleh semua manusia untuk membantu kehidupan sosialnya agar lebih baik. Kemampuan berkomunikasi yang baik sangat dibutuhkan oleh orang yang setiap hari tampil di depan umum, misalnya: Ustad, guru, tokoh masyarakat, motivator, penjual, dll.
Selain harus mahir berkomunikasi secara langsung, di era teknologi sekarang ini. Manusia dituntut juga untuk mampu berkomunikasi secara tidak langsung melalui perantara teknologi komunikasi digital seperti komputer, handphone,dll. Dengan berkembangnya teknologi sekarang ini, batasan jarak seolah-olah tersamarkan. Sekarang ini kita dapat berkomunikasi dari belahan bumi benua Asia dengan lawan bicara yang berada di belahan bumi benua Eropa pada waktu yang bersamaan bahkan kita dapat saling melihat wajah lawan bicara kita di layar gadget yang kita gunakan. Komunikasi menggunakan perantara teknologi bagi admin www.sekolahotomasi.com sangatlah membantu sekali, contohnya saja dengan adanya teknologi internet admin sekolahotomasi.com bisa berbagi ilmu dan pengalaman di blog ini.
Dalam komunikasi kita harus menjaga etika dan sopan santun berkomunikasi, entah itu komunikasi secara langsung maupun secara tidak langsung. Pada komunikasi tidak langsung atau secara dgital, kita memposisikan diri sebagai warga digital yang baik. Dalam memanfaatkan fasilitas internet kita harus mawas diri, terutama dalam memberikan komentar maupun kritikan di media sosial. Ada Undang-Undang yang mengatur tingkah laku kita dalam berkomunikasi di dunia digital, di Indonesia kita diatur oleh Undang-undang No. 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Jika pengguna masih tetap melanggar Undang-undang tersebut maka akan berurusan dengan penegak hukum di Indonesia. Jadi kalau kalian komentar diblog www.sekolahotomasi.com yang sopan ya, nanti kena UU ITE lho.


A. Komunikasi

1. Pengertian Komunikasi

Komunikasi berasal dari kata communication yang secara umum diartikan sebagai proses pembentukan, penyampaian, penerimaan, dan pengolahan pesan yang terjadi di dalam diri seseorang dan atau diantara dua atau lebih dengan tujuan tertentu. Sedangkan menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan berita atau pesan dari dua orang atau lebih supaya pesan yang dimaksud bisa dipahami. Komunikasi terjadi jika komunikator dan komunikan sama-sama sepaham dengan apa yang dikomunikasikan, apabila salah satu tidak paham maka tidak terjadi komunikasi.

2. Fungsi Komunikasi

Menurut Effendy, ada empat fungsi komunikasi, yaitu :
a. Menginformasikan
Menginformasikan yaitu memberikan informasi kepada masyarakat mengenai peristiwa, ide, gagasan, dan segala sesuatu kepada orang lain. 
Contohnya : 
-  Ari memberitahukan kepada Santi mengenai nama-nama calon lurah yang mendaftar di desanya.
b. Mempengaruhi
Mempengaruhi yaitu mengajak atau membujuk setiap individu yang berkomunikasi, untuk mengikuti apa yang disampaikan oleh komunikator. 
Contohnya : 
-  Motivator mengajak para audien untuk bisa sukses dalam karir 
-  Seorang sales motor menawarkan motor keluaran terbaru kepada pelanggan yang mau diajak berkomunikasi.
c. Mendidik
Mendidik yaitu komunikasi untuk sarana pendidikan. Seseorang menyampaikan informasi dan ilmu yang bermanfaat kepada orang lain.
Contohnya :
-  Guru mengajar di depan kelas
-  Ustad berceramah tentang amalan di dunia sebagai bekal di akhirat
d. Menghibur
Menghibur yaitu menggunakan komunikasi sebagai sarana hiburan, bercanda dengan orang lain, baik secara langsung maupun tidak langsung.
Contohnya :
-  Berbincang santai di cafe sambil menikmati alunan musik
-  Stand up comedy didepan pengunjung cafe.

3. Jenis Komunikasi

a. Komunikasi Verbal
Komunikasi Dan Komunikasi Dalam Jaringan
Komunikasi Lisan
Komunikasi verbal yaitu komunikasi yang dilakukan menggunakan kata-kata baik berupa tulisan maupun lisan.
b. Komunikasi non-verbal
Komunikasi Dan Komunikasi Dalam Jaringan
Gesture Tangan
Komunikasi non-verbal yaitu komunikasi yang dilakukan mengunakan bahasa tubuh atau isyarat (gesture) ataupun melalui gambar.

B. Komunikasi Dalam Jaringan (Daring)

Begitu pentingnya komunikasi, membuat manusia berusaha menciptakan cara berkomunikasi yang efektif tanpa harus bertemu langsung dengan lawan bicara. Dari keinginan tersebut maka terciptalah komunikasi melalui jaringan digital yang disebut komunikasi dalam jaringan. Banyak manfaat yang dapat dirasakan dengan adanya komunikasi dalam jaringan, termasuk dalam dunia pendidikan juga menjadi sangat terbantu dengan adanya komunikasi dalam jaringan. Bahkan sekarang sudah mulai ada sekolah online, kuliah online, dan les private secara online.

1. Pengertian Komunikasi Dalam Jaringan (Daring)

Komunikasi dalam jaringan adalah cara berkomunikasi dimana penyampaiannya dilakukan melalui jaringan internet. Komunikasi dalam jaringan dilakukan menggunakan teknologi canggih yang dapat mengakses jaringan internet. Contoh komunikasi daring yaitu berkirim email, chatting dan berkomunikasi melalui telepon.

2. Jenis Komuniksai Daring

Jenis komunikasi daring dibedakan berdasarkan waktu terjadinya komunikasi, ada dua jenis komunikasi dari yaitu :

a. Komunikasi Daring Sinkron (Serempak)

Komunikasi daring sinkron adalah komunikasi yang dilakukan menggunakan perantara baik berupa komputer, smartphone, ataupun gadget lain yang terjadi secara serempak (real-time).
Contohnya
1) Text Chat
Komunikasi Dan Komunikasi Dalam Jaringan
Emoticon Chatting
Text chat adalah sebuah layanan berbasis text yang dapat digunakan untuk berkomunikasi antar pengguna yang sedang dalam kondisi online sehingga terjadi komunikasi yang real-time. Layanan ini contohnya adalah whatsapp, BBM, Facebook Chat.
2) Video Chat
Komunikasi Dan Komunikasi Dalam Jaringan
Video Call
Video Chat adalah sebuah layanan berbasis gambar gerak yang dapat digunakan untuk berkomunikasi antar pengguna yang dalam kondisi online. Video chat dibedakan menjadi 2 menurut jumlah pelaku komunikasinya, yaitu 
a) Video Call
Video call adalah layanan komunikasi berbasis gambar gerak yang pelaku komunikasinya hanya dua orang.
b) Video Conference
Video Conference adalah layanan komunikasi berbasis gambar gerak yang pelaku komunikasinya lebih dari dua orang. Komunikasi ini biasanya dilakukan untuk meeting secara online antara perusahaan cabang dengan perusahaan utama yang lokasinya berjauhan.
Umumnya kedua jenis video chat tadi sudah dapat dilakukan oleh beberapa aplikasi Whatsapp, Skype, FaceTime, WebcamMax.

b. Komunikasi Daring Asinkron (Tunda)

Komunikasi Dan Komunikasi Dalam Jaringan
Berkirim Email
Komunikasi daring asinkron adalah komunikasi yang dilakukan menggunakan perantara baik berupa komputer, smartphone, ataupun gadget lain yang terjadi secara tunda. Maksud dari tunda yaitu kedua belah pihak tidak sedang sama-sama online, sehingga perlu beberapa waktu untuk menerima balasan dari lawan komunikasi. Contoh komunikasi asinkron adalah mengirim email, posting komentar di sosial media, posting komentar di forum, posting komentar di blog.

3. Fungsi Komunikasi Daring

Fungsi dari komunikasi daring sama dengan fungsi komunikasi konvensional, (lihat pada A.2. Fungsi Komunikasi).  Yang membedakan hanya pada pengaplikasiannya, jika komunikasi konvensional dilakukan secara langsung atau tatap muka sedangkan di komunikasi daring dilakukan secara digital.

4. Tujuan Komunikasi Daring

a. Dapat mengirim data dalam jumlah yang besar dengan keunggulan lebiih murah, efisien dan cepat.
b. Dapat dilakukan komunikasi dari jarak jauh, komunikasi dari jarak jauh sekarang bisa untuk berkomunikasi manusia dengan manusia ataupun manusia dengan komputer. Contoh manusia dengan komputer adalah mengendalikan komputer dari jarak jauh menggunakan teamviewer. Hal ini sering admin www.sekolahotomasi.com lakukan ketika bekerja di perusahaan yang lama.
c. Memudahkan pengelolaan data antar dua komputer atau lebih. Admin sekolahotomasi.com mengaplikasikannya dengan menyimpan file-file di cloud (Google Drive), sehingga ketika admin tidak membawa komputer yang biasa digunakan, admin dapat mengunduhnya di cloud asalkan ada fasilitas internet.
d. Menghemat waktu dan biaya. Dengan menggunakan fasilitas teleconference, anda dan rekan bisnis dapat bertemu secara digital tanpa harus berkumpul pada satu ruangan.

5. Kelebihan dan Kekurangan Komunikasi Daring

a. Kelebihan
Karena komunikasi daring ditemukan lebih muda maka memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan komunikasi konvensional, diantaranya :
1) Hemat waktu
2) Hemat Biaya
3) Dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja asalkan terhubung ke jaringan
4) Meningkatkan intensitas komunikasi karena kemudahan komunikasi
b. Kekurangan
1) Membutuhkan perangkat khusus
2) Banyak informasi yang terkaburkan/miss communication karena tidak bertemu langsung
3) Kurang mewakili emosional penlaku komunikasi
4) Terlalu menyita banyak waktu karena kecanduan komunikasi

6. Komponen Pendukung Komunikasi Daring

Seperti yang diuraikan pada kekurangan komunikasi daring, yaitu membutuhkan perangkat khusus. Disini admin www.sekolahotomasi.com akan menjelaskan komponen apa saja sih yang dibutuhkan. 
a. Komponen Perangkat Keras (Hardware)
Perangkat keras daring adalah perangkat dasar yang berwujud dan dapat digunakan untuk membantu manusia dalam berkomunikasi, contohnya komputer, smartphone, headsheet, microphone, modem untuk internet. 
b. Komponen Perangkat Lunak (Software)
Perangkat lunak daring adalah program atau software yang digunakan untuk membantu manusia dapat berkomunikasi baik secara text, audio, visual maupu gabungan dari ketiganya. Contoh software yang digunakan yaitu : Skype, whatsapp, Webex, WebcamMax.
c. Komponen Perangkat Akal/nalar (Brainware)
Perangkat akal/brainware daring adalah manusia yang mampu melakukan komunikasi secara daring. Dibutuhkan akal dari manusia yang mampu mengoperasikan software dan hardware yang digunakan untuk berkomunikasi.

Demikian pembelajaran kali ini tentang “Komunikasi dan Komunikasi dalam Jaringan” yang dapat admin www.sekolahotomasi.com berikan. Semoga dapat menambah ilmu dan wawasan anda dalam berkomunikasi vaik secara konvensional maupun secara daring. Jangan lupa tetap gunakan etika dalam berkomunikasi, jagalah perasaan orang lain agar kehidupan ini menjadi rukun dan tidak ada perpecahan-perpecahan didalam persaudaraan sesama umat manusia.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Dalam Artikel

Iklan Dalam Artikel

Iklan Dalam Artikel

Iklan Link