Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memilih Jenis Lampu Untuk Setiap Area Rumah Anda

Cara Memilih Jenis Lampu Untuk Setiap Area Rumah Anda

Apakah anda merasa pencahayaan di rumah anda tidak maksimal?
Atau suasana rumah anda terasa menjemukan?

A. Pendahuluan


Banyak dari kita tidak pernah memperhatikan pencahayaan rumah, padahal pencahayaan rumah sangat penting untuk produktivitas kita dirumah. Tidak harus semua area didalam rumah kita dipasang lampu yang sama. Ada beberapa area yang seharusnya memiliki tingkat pencahayaan lebih terang, ada juga yang seharusnya memiliki tingkat pencahayaan lebih redup dari area sekitarnya, atau bahkan memiliki dua lampu yang digunakan untuk pencahayaan yang lebih terang dan pencahayaan yang lebih redup.

B. Manfaat Memilih Jenis Lampu yang Tepat


Memilih jenis lampu yang tepat memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan, suasana hati, dan keuangan. Admin www.sekolahotomasi.com akan menjelaskannya satu persatu.

1. Manfaat Kesehatan Mata


Cara Memilih Jenis Lampu Untuk Setiap Area Rumah Anda

Mata merupakan panca indera yang paling vital bagi aktivitas manusia. 70% kegiatan dan aktivitas manusia melibatkan mata. Oleh karena itu kita wajib menjaga kesehatan mata kita. Salah satu caranya yaitu dengan mengatur pencahayaan rumah dengan jenis lampu yang sesuai dengan aktivitas mata kita. Berikut ini pedoman instalasi lampu rumah yang mungkin dapat diterapkan di rumah anda berdasarkan aktivitas.

a. Belajar (membaca atau menulis)

Cara Memilih Jenis Lampu Untuk Setiap Area Rumah Anda

Untuk aktivitas membaca atau menulis usahakan menggunakan pencahayaan yang terang serta jangan menggunakan jenis lampu pijar. Gunakanlah lampu hemat energi yang memiliki warna dasar putih.

BACA JUGA : Cara Mengukur Intensitas Cahaya Menggunakan Handphone Android

b. Mengobrol atau bersantai


Cara Memilih Jenis Lampu Untuk Setiap Area Rumah Anda

Untuk area yang biasa digunakan untuk aktivitas santai atau mengobrol, gunakanlah lampu hemat energi jenis LED dengan tingkat pencahayaan sedang sampai terang. Pencahayaan yang terlalu terang dapat menyilaukan, dan pencahayaan yang terlalu redup dapat menyulitkan dalam mengambil barang atau cemilan.

c. Menonton Layar Televisi


Cara Memilih Jenis Lampu Untuk Setiap Area Rumah Anda

Untuk area yang digunakan untuk menonton televisi, gnakanlah lampu hemat energi dengan tingkat pencahayaan terang, minimal intensitas cahaya yang dikeluarkan sama dengan cahaya televisi dan posisikan lampu tersebut diatas penonton. Jangan meletakkan lampu didekat layar televisi karena akan menyilaukan dan mengganggu kenyamanan menonton.

Jangan menonton televisi/handphone/laptop dalam keadaan gelap gulita atau tanpa pencahayaan dari area sekitar. Hal ini dapat menyebabkan pupil mata rusak dan terpaksa harus menggunakan kacamata

2. Menghemat Anggaran Tagihan Listrik


Cara Memilih Jenis Lampu Untuk Setiap Area Rumah Anda

Tidak hanya keuangan yang perlu diatur, konsumsi listrik juga perlu diatur supaya tidak membuat dompet menjadi tipis. Dengan menghemat konsumsi listrik, maka anda dapat menyisihkan uang yang seharusnya untuk membayar tagihan listrik menjadikan uang simpanan. Sekarang ini jenis lampu sudah sangat bervariasi dan dibuat sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Anda harus tepat dalam memilih lampu tersebut, karena jika anda salah maka keuangan untuk membayar tagihan listrik menjadi besar. Berikut ini rekomendasi yang dapat anda ikuti dalam penentuan jenis lampu.

a. Gunakanlah lampu jenis LED untuk area yang membutuhkan intensitas cahaya terang. Keunggulan lampu LED adalah nilai daya nya lebih kecil dan intensitas pancaran cahayanya lebih besar.
b. Gunakanlah lampu hemat energi jenis softlamp dengan daya kecil pada ruangan sempit seperti kamar mandi dan lampu teras
c. Gunakanlah lampu pijar untuk ruangan yang membutuhkan kehangatan dan suasana redup seperti kamar tidur dan ruang ternak.
d. Gunakanlah lampu jenis tube lamp untuk ruangan yang luas, seperti ruang pertemuan dan ruang tamu.

3. Suasana Hati


Cara Memilih Jenis Lampu Untuk Setiap Area Rumah Anda

Penggunaan lampu yang sesuai dengan lingkungan membuat orang yang menghuni menjadi nyaman. Oleh karena itu, penempatan jenis lampu yang sesuai sangat dianjurkan agar kondisi rumah kondusif dan harmonis.

C. Rekomendasi Lampu Untuk Setiap Ruangan di Rumah Anda


1. Kamar tidur + kamar belajar


Cara Memilih Jenis Lampu Untuk Setiap Area Rumah Anda

Gunakan dua jenis lampu pada kamar tidur. Lampu pertama dengan intensitas pencahayaan terang. Lampu ini bisa digunakan saat aktivitas belajar maupun berias/berdandan didalam kamar.
Lampu kedua dengan intensitas pencahayaan rendah, lampu ini digunakan saat tidur. Pakailah lampu pijar dengan daya rendah. Lampu ini akan memberikan suasana hangat saat musim penghujan.

2. Kamar Mandi


Cara Memilih Jenis Lampu Untuk Setiap Area Rumah Anda

Gunakanlah jenis lampu dengan intensitas sedang, maksimal sama dengan intensitas cahaya lampu diarea sekitarnya. Jangan gunakan lampu yang lebih terang dari lingkungan sekitarnya, karena akan terasa aneh.

3. Dapur


Cara Memilih Jenis Lampu Untuk Setiap Area Rumah Anda

Di area dapur anda dapat menggunakan lampu dengan intensitas terang, lampu ini bisa menggunakan jenis tube lamp atau menggunakan jenis LED. Nilai intensitas cahaya untuk area dapur adalah pada kisaran 5000 – 10.000 lumens. Area dapur perlu diberikan pencahayaan yang ekstra karena area ini digunakan untuk mengolah bahan makanan yang terkadang memiliki bentuk kecil, dengan pencahayaan yang terang harapannya kegiatan masak-memasak menjadi nyaman.

4. Ruang Tamu atau Ruang Makan


Cara Memilih Jenis Lampu Untuk Setiap Area Rumah Anda

Pada ruangan ini gunakanlah pencahayaan yang terang, karena di area ini biasanya disajikan makanan atau cemilan, jika ruangan ini gelap dikhawatirkan tamu akan salah ambil. Selain tu, suasana lampu yang terang menunjukan rasa ceria.

D. Penutup


Demikian beberapa rekomendasi yang dapat admin www.sekolahotomasi.com berikan. Semoga dapat memberikan gambaran kepada pembaca mengenai pemilihan jenis lampu yang cocok untuk rumah anda. Apabila terdapat hal yang kurang sesuai silahkan diskusikan di kolom komentar dibawah. Untuk artikel " Cara Memilih Lampu untuk Setiap Area Rumah " admin cukupkan. Untuk artikel berikutnya yaitu "Cara Mengukur Intensitas Cahaya Menggunakan Handphone Android". Sampai jumpa kembali dan terima kasih.