Iklan Dalam Artikel

Mengukur Intensitas Cahaya Menggunakan Smartphone Android


Smartphone android sekarang ini bukan lagi menjadi barang langka seperti pada tahun 2012-an silam. Pada tahun 2012-an, smartphone ber-OS android masih jarang yang memiliki dan belum memiliki spesifikasi gahar dan fitur pendukung yang lengkap seperti sekarang ini. Semakin tahun fasilitas dan kemampuan smartphone ber-OS android semakin kumplit dan memiliki spesifikasi tinggi. Dari lengkapnya fitur di smartphone ber-os android, ternyata salah satu fiturnya ada yang dapat kita manfaatkan untuk mengukur intensitas cahaya di area sekitar kita lho, tentunya dengan bantuan aplikasi pihak ketiga serta smartphone anda sudah memiliki sensor ambient light sensors (ALS). Namun sebelum membahas ke materi inti kita, alangkah baiknya anda memahami hal-hal berikut ini.


A. Fungsi Penerangan

Jika mendengar istilah penerangan maka identik dengan lampu, namun sebenarnya penerangan bukan hanya bersumber dari lampu saja. Contoh sumber penerangan lain bisa dari pancaran energi matahari, bara api, cahaya bulan, dan lainnya. Fungsi dari penerangan yaitu sebagai cahaya pendukung manusia dalam melakukan aktivitas dalam keadaan minim cahaya.

B. Pengertian Intensitas Cahaya


Intensitas cahaya yaitu tingkat pancaran cahaya yang diterima oleh suatu benda. Intensitas cahaya dalam satuan internasional diukur menggunakan satuan Candela. Namun dalam pengukuran menggunakan alat ukur, satuan yang biasa digunakan adalah Lux. Untuk mengubah menjadi satuan Candela anda perlu mengonversinya terlebih dahulu menggunakan rumus fisika.

C. Tujuan Pengukuaran Intensitas Cahaya


Pengukuran intensitas cahaya selain diterapkan dirumah, ternyata juga diterapkan di perusahaan-perusahaan. Penerapan aturan tingkat intensitas cahaya di perusahaan bertujuan agar karyawannya dapat bekerja dengan maksimal dan kesehatan matanya juga terjaga. Sebuah perusahaan tidak akan bisa lolos dari uji kelayakan sebagai perusahaan apabila intensitas penerangan di perusahaan tersebut tidak sesuai dengan standar SNI. Tujuan utama dari pengukuran intensitas cahaya adalah untuk mengetahui apakah area yang diukur memiliki intensitas cahaya yang sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh pemerintah, jika hasil yang didapatkan tidak sesuai dengan standar SNI maka bola lampu harus diganti dengan jenis dan watt yang berbeda agar mendapatkan hasil yang ideal dan sesuai dengan apa yang diinginkan.

D. Memanfaatkan Android untuk Mengukur Intensitas Cahaya


Didalam smartphone android pada umumnya sudah tertanam sebuah komponen berupa sensor pendukung yang bernama Ambient Light Sensors (ALS). Ambient Light Sensors (ALS) pada smartphone android umumnya digunakan untuk pengaturan tingkat kecerahan cahaya layar smartphone secara otomatis dengan membaca nilai intensitas cahaya dilingkungan sekitarnya, sehingga pengguna smartphone tidak merasa silau ataupun merasa terlalu redup saat melihat layar smartphone. Adanya aplikasi Lux Meter pada smartphone android memberikan solusi yang baik untuk para praktisi maupun orang awam untuk mengukur intensitas cahaya pada suatu area dengan praktis dan murah karena harga alatnya cukup mahal yaitu dari kisaran harga Rp. 180.000 s/d Rp. 1.700.000 (tergantung merk dan kualitas).

berikut ini daftar harga lux meter yang admin www.sekolahotomasi.com ambil dari salah satu marketplace teebesar di Indonesia.

Untuk memulai pengukuran dengan smartphone android anda, ikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Unduhlah terlebih dahulu aplikasi Lux Light Meter. Silahkan klik tombol berikut.


Download
Lux Light Meter
Size : 3.4 MB

2. Lakukan kalibrasi dengan menekan tombol "CALIBRATE" dan tutuplah bagian atas hadphone yang ada sensor ALS nya (biasanya dekat kamera depan), tutuplah dengan benda/kain berwarna gelap. Kemudian atur lah di angka 0 dengan menggeser slide pengaturan yang muncul dilayar smartphone. Dan setelah menunjukkan angka 0, tekan kembali tombol "CALIBRATE".


3. Letakkan smartphone pada lokasi yang ingin diukur tingkat intensitas cahaya-nya. misalnya letakkan diatas meja belajar atau meja kerja anda.

4. Selanjutnya tekan tombol "READ" untuk mulai membaca intensitasnya. Selanjutnya akan muncul nilai intensitas dilayar smartphone anda. Anda dapat mengubah nilai satuan dengan memilih LUX atau FC (foot candles).


5. Bandingkan hasil yang anda dapat dengan tabel berikut :
No. Ruangan Lux
1 Teras 60
2 Ruang Tamu 120 - 250
3 Ruang Makan 120 - 250
4 Ruang Kerja 120 - 250
5 Kamar Tidur 120 - 250
6 Kamar Mandi 250
7 Dapur 250
8 Garasi 60

Jika hasilnya dibawah dari angka yang tertera di tabel, berarti anda harus mengganti jenis bola lampu yang anda gunakan.
Tabel tersebut merupakan cuplikan data tabel dari " Aturan Pencahayaan Ruangan " Berdasarkan SNI 03-6297-2011 halaman 9. Untuk lebih detailnya, anda dapat melihatnya dengan mengunduh file pdf nya dengan menekan tombol berikut :


Download
SNI 03-6197-2011
Size : 348 kB


E. Kesimpulan


Memanfaatkan aplikasi lux meter di smartphone android merupakan suatu solusi praktis dan murah untuk mengukur tingkat intensitas cahaya di suatu area. Anda tidak perlu membeli perangkat Lux Meter yang harganya lumayan mahal. Cukup dengan memanfaatkan smartphone anda, dan anda sudah bisa mengetahui tingkat intensitas cahaya di area tersebut.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Dalam Artikel

Iklan Dalam Artikel

Iklan Dalam Artikel

Iklan Link