Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peralatan dan Kelengkapan Gambar Teknik

peralatan dan perlengkapan gambar teknik Dimanapun manusia bekerja pasti terjadi interaksi komunikasi baik itu antara pelaksana proyek dengan desainer, pelaksana proyek dengan mandor, ataupun mandor dengan penyewa jasa. Dalam bidang teknik untuk menyampaikan ide pekerjaan terlalu sulit jika hanya dalam bentuk lisan, perlu media bantu visual berupa gambar untuk mempermudah dalam menyampaikan idenya.

Untuk bidang teknik instalasi listrik, gambar teknik yang biasa digunakan adalah gambar teknik 2D. Gambar teknik 2D dapat dibuat manual menggunakan tangan atau menggunakan bantuan komputer.



Gambar teknik berisi gambar beserta ukuran detail dari barang ataupun proyek yang akan dikerjakan. Berdasarkan perkembangan jamannya, gambar teknik ada yang berupa gambar 2 Dimensi (2D) dan 3 Dimensi (3D).

Pada kesempatan kali ini admin sekolahotomasi.com akan menjelaskan tentang alat bantu untuk menggambar teknik manual. Untuk membuat gambar teknik 2D menggunakan tangan diperlukan alat bantu untuk mempermudah proses membuatnya. Alat bantu tersebut antara lain :

1. Pensil

Pensil digunakan untuk menggambar desain pada tahap awal sebelum dipertebal menggunakan rapido. Menggambar menggunakan pensil untuk mempermudah apabila terdapat kesalahan dalam menggambar desain. Ada 2 jenis pensil yang dapat anda gunakan untuk menggambar teknik

a. Pensil Kayu

Pensil kayu merupakan pensil yang bagian luarnya dilapisi dengan bahan kayu. Untuk menajamkan pensil ini dapat menggunakan peraut atau pisau cutter. Kelebihan dari pensil kayu adalah tidak mudah patah, sedangkan kelemahannya adalah semakin lama penggunaan lebar garis yang dihasilkan menjadi tidak konsisten.

b. Pensil Mekanik

Pensil mekanik merupakan pensil generasi yang lebih baru daripada pensil kayu. Untuk menggunakannya, pensil ini tidak perlu diraut. Cukup dengan menekan tombol yang berada pada ujung atas pensil maka isi dari pensil akan keluar. Kelebihan dari pensil mekanik adalah lebar garis yang dihasilkan konsisten, sedangkan kelemahannya adalah lebih mudah patah, oleh karena itu perlu hati-hati dalam menggunakannya supaya tidak sering patah.

Tingkat Kekerasan pensil dibagi menjadi 3, yaitu :
Keras Sedang Lunak
4H B 2B
5H HB 3B
6H F 4B
7H H 5B
8H 2H 6B
9H 3H 7B

peralatan dan perlengkapan gambar teknik
Keterangan :
Semakin keras jenis pensil yang digunakan, hasil goresan pensil semakin tipis.


2. Rapido

Rapido (Rapidograph) digunakan untuk menebalkan garis gambar teknik yang sebelumnya sudah dibuat menggunakan pensil.

a. Ukuran-ukuran mata Rapido

Rapido mempunyai berbagai ukuran, antara lain : 0.10, 0.13, 0.18, 0.20, 0.25, 0.30, 0.35, 0.40, 0.50, 0.60, 0.70, 0.80, 1.0 dengan satuan milimeter (mm).
peralatan dan perlengkapan gambar teknik

b. Bagian-bagian Rapido

peralatan dan perlengkapan gambar teknik
Nama Bagian Kegunaan
Mata Rapido Tempat keluarnya tinta dan memiliki ukuran yang berbeda-beda
Tutup Rapido Melindungi mata rapido dari bahaya lingkungan sekitar dan agar tetap dalam kondisi basah
Tabung Tinta Tempat penampungan tinta yang digunakan untuk menggambar
Sambungan Untuk menghubungkan antara tabung tinta dengan mata rapido
Badan Rapido Tempat jari tangan memegang rapido ketika digunakan untuk menggambar


3. Kertas Gambar

Media untuk menggambar manual menggunakan tangan adalah kertas, ada berbagai macam jenis kertas didunia ini, namun tidak semuanya bisa digunakan untuk membuat desain gambar teknik.

a. Jenis-Jenis Kertas Gambar Teknik

1.1 Kertas Gambar Putih

kertas gambar putih atau biasa disebut dengan kertas manila putih. Jenis kertas ini mudah didapatkan diwarung-warung atau tempat fotocopy disekitar anda.

1.2 Kertas Milimeter

Kertas ini tidak mulus (polos) seperti kertas manila, tetapi sudah terdapat garis-garis dengan satuan millimeter atau biasa disebut dengan kertas strimin

1.3 Kertas Kalkir

Kertas ini jika diterawang ditempat yang bercahaya akan terlihat transparan.

b. Ukuran Kertas Gambar Teknik

peralatan dan perlengkapan gambar teknik
Ada beberapa seri ukuran kertas (Seri A, Seri B, Seri C, dan Seri D). Namun yang sering digunakan untuk menggambar teknik adalah Seri A. Berikut tabel ukuran kertas gambar Seri A
Ukuran Dimensi
Panjang (mm) Lebar (mm)
A0 841 1189
A1 594 841
A2 420 594
A3 297 420
A4 210 297

4. Penggaris

Penggaris merupakan alat bantu yang sangat dibutuhkan dalam menggambar teknik. Hasil gambar menggunakan bantuan penggaris lebih rapi dan presisi.

Macam-macam penggaris

a. Penggaris Segitiga

Biasanya ada sepasang (2 penggaris segitiga ) dengan ukuran penggaris segitiga pertama bersudut 30 oC, 60 oC, dan 90 oC, sedangkan penggaris segitiga kedua bersudut 45 oC, 45 oC, dan 90 oC
peralatan dan perlengkapan gambar teknik Untuk variasi penggunaan penggaris segitiga dalam membentuk sudut-sudut istimewa mungkin admin sekolahotomasi.com akan disampaikan pada materi selanjutnya.

b. Penggaris T

Penggunaan penggaris ini yakni dengan menekan kepala penggaris ke tepi meja gambar dan menggesernya keatas atau kebawah.
peralatan dan perlengkapan gambar teknik

5. Jangka

peralatan dan kelengkapan gambar teknik

Jangka digunakan untuk menggambar lingkaran dengan lebih presisi . Terdapat beberapa ukuran jangka, yaitu :
a. Jangka Besar (100 – 200 mm)
b. Jangka Sedang (50 – 100 mm)
c. Jangka Kecil (5 – 50 mm)
d. Jangka Orleon (1 – 5 mm)

6. Penghapus

peralatan dan perlengkapan gambar teknik
Penghapus digunakan untuk membersihkan kertas dari kesalahan dalam membuat garis menggunakan pensil maupun rapido

Macam-Macam Penghapus

a. Penghapus Keras

Penghapus ini dapat digunakan untuk menghapus rapido. Penggunaan penghapus ini harus hati-hati, karena dapat mengikis permukaan kertas gambar. Admin www.sekolahotomasi.com juga menggunakan penghapus jenis ini untuk menghapus tinta saat penulisan ijazah.

b. Penghapus Lunak

Penghapus ini digunakan untuk menghapus goresan pensil. Penghapus ini tidak merusak kertas saat digunakan. Untuk hasil maksimal, gerakkan beberapa kali pada objek yang akan dihapus dengan gerakan satu arah.

7. Mal

Penggaris Mal atau penggaris sablon digunakan untuk membantu anda dalam membuat berbagai bentuk, huruf, angka, dengan bentuk yang konsisten.

ada beberapa macam jenis penggaris mal

a. Mal Lengkung

Mal ini berbentuk lengkungan, mal ini digunakan untuk membuat garis lengkung yang sulit dibuat menggunakan jangka maupun busur.
peralatan dan perlengkapan gambar teknik

b. Mal Bentuk

Mal bentuk ada beberapa macam, yaitu : mal lingkaran, mal elips, mal segitiga, mal segiempat, dll.
peralatan dan perlengkapan gambar teknik

c. Mal Huruf dan angka

Mal huruf digunakan untuk membuat tulisan ataupun angka, agar tersusun dengan rapid dan seragam
peralatan dan perlengkapan gambar teknik

8. Meja Gambar

peralatan dan perlengkapan gambar teknik
Meja gambar digunakan sebagai alas dalam menggambar. Menggambar perlu alas yang halus dan tidak berlubang-lubang. Sekarang sudah banyak tersedia meja gambar yang sudah dilengkapi dengan penggaris T, ini untuk memudahkan dalam menggambar garis horizontal.

Untuk melatih kemampuan anda dalam memahami materi "peralatan dan Kelengkapan Gambar Teknik", admin www.sekolahotomasi.com sudah membuatkan soal-soal latihan. Silahkan kerjakan soal-soal berikut inidisini

Demikianlah materi tentang Peralatan dan Kelengkapan Gambar Teknik menggunakan tangan yang dapat admin www.sekolahotomasi.com berikan. Semoga dapat bermanfaat untuk semua pengunjung blog www.sekolahotomasi.com

Post a Comment for "Peralatan dan Kelengkapan Gambar Teknik"